~*~ Masa Muda ~*~

لاَ تَزُولُ قَدَمُ ابْنِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عِنْدِ رَبِّهِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ خَمْسٍ عَنْ عُمُرِهِ فِيمَ أَفْنَاهُ وَعَنْ شَبَابِهِ فِيمَ أَبْلاَهُ وَمَالِهِ  مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَ أَنْفَقَهُ وَمَاذَا عَمِلَ فِيمَا عَلِمَ

“Tidaklah bergeser telapak kaki bani Adam pada hari kiamat dari sisi Rabbnya hingga ditanya tentang lima perkara:
* umurnya untuk apa ia gunakan;

* masa mudanya untuk apa ia habiskan;



* hartanya dari mana ia dapatkan dan untuk apa ia belanjakan;

* serta apa yang ia perbuat dengan ilmu-ilmu yang telah diketahuinya."
(HR At-Tirmidzi no. 2416)

Kalau kita cermati hadist di atas, kenapa ada pertanyaan kedua MASA MUDA jika pertanyaan pertama sudah mencakup semuanya yakni UMUR.

Hal ini menandakan MASA MUDA menjadi perhatian tersendiri, masa muda merupakan saat-saatnya fisik kekuatan seorang manusia lagi tinggi dan tumbuh. Oleh karena itu merupakan nikmat besar dari Alloh swt yang seharusnya termanfaatkan dengan sebaik-sebaiknya untuk menimba ilmu dan amal.

Meskipun begitu masa muda juga masa yang penuh dengan godaan hawa nafsu. Seorang pemuda yang lagi tumbuh baik fisik dan mental sering mengalami gejolak dalam pikiran maupun jiwanya. Hal ini cukup sering menyebabkan pemuda mengalami pergolakan dalam hidup dan berusaha untuk melepaskan diri dari masalah yang dihadapinya. Dengan kondisi yang bisa jadi masih labil akan sangat terbuka untuk berbuat maksiat jika kesempatan berkolaborasi dengan niat itu ada.

Inilah tantangan bagi pemuda, pilih taat atau maksiat. Pemuda menjadi perhatian dalam Islam karena merekalah generasi masa depan.

Oleh karenanya tidak megherankan jika dalam suatu hadist riwayat Bukhari dan Muslim yang menerangkan ada tujuh golongan manusia yang akan dinaungi oleh Allah dalam naungan-Nya pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya salah satunya adalah
"Dan seorang pemuda yang tumbuh dalam ibadah (ketaatan) kepada Allah …”

Sekarang tinggal pilihan kita mau mengambil kesempatan masa muda ini untuk meraih Naungan Allah swt apa meninggalkannya.

posted under |

1 komentar:

  1. Semoga diri ini tetap berjaalan diatas agamaMu sampai akhir hayat nanti :)

    BalasHapus

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Disqus Shortname

Comments system

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post Number

Related Post Number

About Me

Foto saya
~*~ bukan anak pesantren apalagi anak kyai, cuma orang yg pengen #KerenBinBeken Trendi nan Syar'i ~*~ One Day One Receh ^_^

FOLLOW @ INSTAGRAM

Recent

Boxed / Fluid

About Us

Random Post Number

Popular Posts

Slider Display

Random

Recent

Like Us

Flickr

Subscribe

Socialize

Followers


Recent Comments