~*~ Jum'at Berkah ~*~

Alhamdulillah berkesempatan berkunjung ke rumah saudara di Jogjakarta. Kebetulan hari itu hari jumat dan disamping rumah saudaraku ini adalah Masjid sehingga menjelang Sholat Jumat para petugas atau ta'mir Masjidpun mempersiapkan segalanya termasuk menggelar tikar di pelataran rumah saudaraku karena di dalam Masjid tidak muat untuk sholat jumat.

Ada yang membuat diri ini heran kenapa ada persiapan piring, gelas yang banyak di teras rumah saudara. Karena penasaran akupun tanya," Memang ada acara apa? "Jumat berkah," jawabnya.

Jumat Berkah nama programnya, merupakan program dari Masjid Prayan Raya Jogjakarta yang menyediakan makan siang gratis untuk para jamaah sholat jumat. Setelah selesai sholat para jamaah dipersilahkan untuk menyantap makan siang yang sudah disediakan oleh pihak Masjid di 3 lokasi dengan porsi sekitar untuk 400 (empat ratus) orang. Lokasi Pertama di Teras rumah saudara (samping Masjid) dan yang kedua serta ketiga berada di rumah tetangga yang lain tepatnya berada di depan Masjid. Informasinya makan siang tersebut dananya berasal dari para Donatur dan juga dari pihak Masjid.

Indahnya semangat berbagi. Saling membantu satu sama lain terlebih lagi bisa jadi diantara para jamaah itu terdapat mereka yang bener-bener membutuhkan sesuap nasi hanya untuk menyambung hidup. Sehingga hal ini bisa sedikit membantu mereka mengurangi rasa lapar.

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :
Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim Allah akan tutupkan aibnya di dunia dan akhirat. ( HR.Muslim)

Semoga Allah swt memberkahi hidup para donatur, malapangkan jalan hidupnya serta menerima amal sedekahnya. Aamiin






Komentar

  1. Indahnya berbagi. Semoga niat baiknya mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Kapan yang lain bisa niru begini? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga di Masjid yang lain juga ada atau mungkin bahkan lebih dari ini

      Hapus
  2. Lama ga liat2 sini.
    Blognya udah ganti nama.
    Selamat ya...


    BalasHapus
  3. makannya prasmanan atau nasi kotak mas?

    kalau deket rumah ada begini, enak. makan terus gratis,,, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang prasmanan di piring, dulu pernah dibuat nasi bungkus malah pada bawa plastik 1 orang bisa ambil lebih hehe

      Hapus
  4. berbagi itu emang selalu indah, ada kepuasan tersendiri...
    salam kenal...

    BalasHapus
  5. Subhanallah. Ini yang patut kita contoh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Pati sudah ada belum ya Mas hehe

      Hapus
    2. Di Pati sudah ada belum ya Mas hehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer