~*~ Sekolah Ramadlan ~*~

Sepertinya sudah banyak yang membahas tentang bulan Ramadlan, entah itu dalil kewajibannya, kemuliaannya dan sebagainya. Tak salah juga sepertinya diri ini ikut memberikan sedikit pandangan tentang bulan Ramadlan.

Bulan Ramadlan itu ibarat seperti sekolah dimana Alloh sebagai Gurunya, manusia yang beriman sebagai muridnya dan hikmah-hikmah yang bisa kita ambil selama di bulan Ramadhlan adalah pelajarannya, serta 24 jam waktu belajarnya.

Selama di bulan Ramadlan Alloh menyuruh kita orang-orang yang beriman untuk berpuasa, Dimana kita diminta untuk menahan diri agar tidak makan minum sejak terbit fajar (shubuh) hingga maghrib nanti selama sebulan penuh.

Sebagai orang yang mengaku beriman tentunya kita akan dengan senang hati untuk menyambut seruan Alloh ini. Kitapun berusaha melakukannya sebaik mungkin agar mendapat nilai yang bagus seperti halnya murid diberi tugas oleh gurunya. Tidak sekedar menjaga dari aktivitas fisik dari godaan makan, minum, shawat namun juga menjaga dari penyakit-penyakit hati.

Saat puasa kita dapat mengambil banyak pelajaran yang mana pelajaran itu ketika "lulus" nanti bisa kita terapkan lagi setelah lulus dari "sekolah" selama satu bulan bernama bulan Ramadlan.

Misalnya dibulan Ramadlan ini kita merasa selalu diawasi oleh Alloh agar tidak melakukan kemaksiatan sehingga bisa membatalkan puasa. Oleh karenanya perasaan seperti itu setelah kita latih selama satu bulan diharapkan akan terbawa pada bulan-bulan lainnya setelah bulan Ramadlan.

Suasana semangat ibadah pun meningkat selama bulan Ramadlan, dimana biasanya yang jarang ke Masjid menjadi lebih sering ke Masjid, yang jarang memegang Al Quran menjadi mendingan daripada sebelumnya maka harapannya itu bisa dipertahankan setelah bulan Ramadlan.

Masih banyak pelajaran (hikmah) yang bisa kita ambil selama bulan ramadlan yang harapannya bisa kita bawa dibulan-bulan berikutnya sehingga menjadi kebiasaan yang baik, sepertihalnya tentang kedisiplinan, pola makan yang teratur, menahan amarah, membantu orang lain, bersedekah dan sepertinya masih banyak yang lainnya.

Komentar

  1. semangat ibadah meningkat di bulan ramadhan, semoga lanjut ke bulan-bulan berikutnya ya

    BalasHapus
  2. Selamat menunaikan ibadah ramadlan...

    BalasHapus
  3. sekolah untuk menata emosi,,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer