~*~ Urus Dirimu Sendiri ~*~

"Urus saja dirimu sendiri, ga usah urus orang lain". Mungkin dalam suatu episode kehidupan kita termasuk aku juga pernah berucap seperti itu.

Namun ada baiknya untuk kita cermati sesungguhnya hal itu tidak tidaklah patut untuk kita ucapkan. Akupun pernah suatu saat mendapati orang ketika melihat tausyiah yang diberikan oleh seorang kyai di TV justru orang tersebut mengatakan kurang lebih seperti ini," dia itu menasihati orang lain seperti sudah baik sendiri". Aku hanya bisa tertegun saat mendengarnya.

Kalau diri ini mencoba untuk merenungkan kembali mengapa kita bisa seperti itu, sepertinya ada yang salah dalam hati ini. Ada rasa dimana kita tidak perlu mendapat nasihat dari orang lain, ada rasa bahwa kalau kita dinasihati itu sama saja kita dengan direndahkan. Tinggi dan kerasnya hati membuat kita sulit untuk memahami sebuah arti saling mengasihi dan menasihati. Astaghfirullaah aku berlindung kepada Alloh dari sifat yang demikian.

Terdapat hadits mauquf dari Ibnu Mas'ud r.a. yang beliau mengatakan, "Sesungguhnya termasuk dosa besar saat seseorang menasihati saudaranya dengan perkataan, 'Bertaqwalah kepada Allah', lalu ia menimpali: 'Urus saja dirimu sendiri'". (Riwayat At-Thabrani).

Ada baiknya kita belajar untuk lebih melunakkan hati tuk menerima nasihat dari orang lain, terlebih nasihat itu mengantarkan kita pada jalan yang benar sesuai syariat dan menjauhkan kita dari azab.

#Nasihatilah diriku......

Komentar

  1. Itu sebabnya Tuhan ngasih kita dua telinga dan satu mulut. Agar kita mendengar lebih banyak dari pada berucap

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. lah aku kan yang minta nasihat... captain mana captain

      Hapus
  3. #urusgakurus... kudu urus!

    nasehat menasehati dalam kebenaran, nasehat menasehati supaya menetapi kebenaran.

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. sama-sama mama ca-vin semoga bermanfaat

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer