~*~ Empat Tipe Manusia ~*~

Ada empat tipe manusia yang pernah aku dengar dalam suatu majelis, dan menurutku ini berawal dari dua hal yang mendasarinya yaitu kesadaran dan pengetahuannya (Cerdas, pandai, mampu ataupun ahli) sehingga seseorang termasuk dalam kategori orang tipe yang mana.

Empat tipe orang yang dimaksudkan adalah:
1. Orang yang tau kalau dirinya orang yang tau
2. Orang yang tidak tau kalau sebenarnya dirinya orang yang tau
3. Orang yang tau kalau dirinya orang yang tidak tau
4. Orang yang tidak tau kalau dirinya termasuk orang yang tak tau.

Orang yang tau kalau dirinya orang yang tau adalah orang yang sadar bahwa memang dirinya mempunyai kemampuan ataupun pengetahuan akan sesuatu sehingga semestinya dia akan bergerak dengan kemampuan, kecerdasan dan keahlian yang dimilikinya untuk sesuatu yang bernilai positif sesuai hukum syara'.

Orang yang tidak tau kalau sebenarnya dirinya orang yang tau adalah orang yang tidak menyadari kalau sebenarnya dirinya orang yang pandai, orang seperti ini butuh stimulus baik dari dalam dirinya sendiri ataupun dorongan dari orang lain agar dia menemukan kemampuannya sehingga bisa dioptimalkan.

Orang yang tau kalau dirinya orang yang tidak tau pada tahap ini orang ini menyadari akan kekurangan ataupun kelemahannya sehingga dengan seperti itu diharapkan orang seperti ini akan memacu dirinya agar mampu menjadi lebih baik.

Orang yang tidak tau kalau dirinya termasuk orang yang tak tau ini mungkin yang kurang menyenangkan, orang seperti ini tidak sadar kalau sebenarnya dirinya tidak mengerti apa-apa. Namun terkadang orang seperti ini akan keluar rasa "sok tau" nya yang mana justru akan membuat dirinya malu.

Termasuk dimana diri kita, tau?

Komentar

  1. orang tidak tau seberapa besar kapasitas kemampuan mereka, sampai mereka mau mencoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling tidak orang tersebut sadar dan mau mencoba heuheuhe

      Hapus
  2. Menyebalkna kalo ketemu yang kategori terakhir itu, Pernah ketemu yang kayak gitu sering malah ... mudah2an saya tidak termasuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh... jangan sebal ya Tante kalau berkunjung disini heuhuehe

      Hapus
  3. kategori nomer 4 tuh mas yang nyebelin ..semoga aku nggak begitu ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, wah mbak Muna mah nomero uno huehuehe

      Hapus
  4. gw masih binggung masuk kategori yang nomor yang mana. tambahin dong no.5 orang yang bingung menentukan orientasi sexualnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas yandhi ini mesti ada2 aja huehuehue

      Hapus
  5. moga2 bukan termasuk kategori no 4 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,.. Teh Santi..
      farraz dan fayda mesti jadi nomor 1 tuh

      Hapus
  6. Mungkin aku termasuk kategori nomor dua. Terkadang masih butuh motivasi dan dorongan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu di arahkan dikit jd jos gandos sampeyan mas Huehuehue

      Hapus
  7. semoga saja kita termasuk dalam golongan yang bisa merasa bukan merasa bisa :)

    BalasHapus
  8. yang terakhir agak berbahaya ya?

    BalasHapus
  9. tahu kemampuan diri membuat kita tahu ke mana tujuan hidup yang sebenarnya ya

    BalasHapus
  10. yang nomor 4 termasuk type sok tahu mungkin ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinannya seperti itu Mama...

      Hapus
  11. nomor 4 minta dijedotin kepalanya... semoga aku tidak termasuk yang nomor 4.. paling menakutkan tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh sakit donk dijedotin heuheuheu

      Hapus
  12. aku kalo ngga no 2 yang 3 juga boleh deh.. heheheu

    BalasHapus
  13. Saya termasuk semuanya neh... GMN dong?

    Salam kenal dari Pulau Dollar

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga gimana2 mas hehe,,, wah asik tuh pulau dollar

      Hapus
  14. Aku ga tau diriku masuk kategori brpa om. hhii..

    *ngacir*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kategori 5 ya dik... heuheuhe

      Hapus
  15. berkunjung, selamat menunaikan ibadah puasa dan mohon maaf lahir bathin, jangan lupa kumbal nya ya

    BalasHapus
  16. datang berkunjung kemari menyimak postingannya, selamat menunaikan ibadah puasa dan sebentar lg hari fitri akan tiba, sebelumnya saya mengucapkan minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin ya, ditunggu kunjungan baliknya ^_^

    BalasHapus
  17. singgah, sambil mengucapkan met puasa dan minal aidzin walfaidzin

    BalasHapus
  18. wh mas topik jarang posting, sibuk dgn istrinya... xiixixixi

    BalasHapus
  19. hihihihhi jadi ingat kata-katany guru waktu SMA tentang 4 tipe manusia ini :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer