~*~ Anugerah Rasa ~*~

Terkadang orang dan mungkin aku juga termasuk di dalamnya, yaitu berdoa agar senantiasa diberi kelimpahan rizky dariNya. Namun ada yang lebih baik dari doa itu menurutku yaitu doa agar diberi rizky yang mana dengan rizky itu kita bisa semakin dekat dengan Alloh swt.

Merupakan hal yang wajar jika kita berdoa untuk dilapangkan rizky kita terlebih rizky yang mampu mengantarkan diri kita untuk semakin dekat denganNya. Karena in syaa Alloh ditangan orang-orang yang shaleh rizky itu bisa mengalir ditempat-tampat yang baik, dibelanjakan kepada sesuatu yang bermanfaat, namun jika rizky itu ditangan orang-orang yang kurang taat bisa jadi rizky itu mengalir hanya untuk bermaksiat.

Bersyukur atas apa yang diberikan kepada kita tentu itu hendaknya kita lakukan, diri inipun masih terus belajar agar mampu mensyukuri sekecil apapun nikmat yang diberikan oleh Alloh swt kepada kita. Namun ternyata ada saja yang namanya penyakit hati hal ini terkadang mengganggu aktivitas hati untuk bersyukur kepada-Nya.

Ternyata bukanlah hal mudah untuk bersyukur, terkadang rasa kurang, rasa iri ketika melihat orang lain lebih ketimbang apa yang kita miliki itu memang ada, maka dari itu diri inipun berdoa ya Alloh anugerahkanlah kepada kami rasa syukur, agar kami bisa menikmati indahnya rasa cukup dan syukur itu.

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (Terjemahan QS:Ibrahim: 7)

Ada "tips" dari Rasululloh agar kita bisa bersyukur, "Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan jangalanlah engkau pandang orang yang berada di atasmu. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Alloh padamu." (HR. Bukhori dan Muslim)

Bagiku anugerah rasa cukup dan syukur atas apa yang kita miliki itu sangatlah penting karena tanpa rasa cukup di dalam diri kita ini baik itu banyak maupun sedikit atas apa yang kita miliki tentu diri kita selalu merasa kekurangan dan tidak akan bisa menikmati hidup ini.

Dan jikalau kita sudah tau bahwa salah satu kunci untuk hidup ini agar mampu menjalaninya dengan baik yakni mensyukuri nikmat yang telah diberikan Alloh maka alangkah baiknya juga kita berdoa agar Alloh senantiasa memberikan anugerah rasa cukup kepada diri kita sehingga kita mampu menikmati rasa nikmat, mensyukuri rasa syukur. Yaa Alloh anugerahkan kepada kami nikmatnya rasa syukur.

Komentar

  1. alhamdulillah.. syukurku padaMu Ya Rabb :)
    makanya ada doa tambahan mohon diberi keberkahan dalam setiap rezeki yang diberikan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak, semoga keberkahan senantiasa mengiringi rizky yang kita rasakan

      Hapus
  2. Insya Allah syukur itu adalah nikmat yg lebih besar dari dunia dan segala isinya ya mas, karena kalaupun kita dikaruniakan dunia dan seluruh isinya...jika kita tidak diberi anugrah rasa syukur, maka anugrah dunia dan segala isinya itu hanya akan menyiksa hati dan pikiran dan tak akan termanfaatkan dengan baik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bisa dikatakan seperti itu kang

      Hapus
  3. Bersyukur itu harus terus dan selalu kita pelajari, karena kadang hati kita suka belok, jangan sampai terjadi kufur nikmat. Na’udzubillahi min dzalik....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya Teh Santi jangan sampai deh seperti kufur nikmat ngeri...

      Hapus
  4. mudah-mudahan kita termasuk orang yang selalu bersyukur tiap saat

    BalasHapus
  5. postingnya bagus dan menyejukan, salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Putri,

      salaam

      Hapus
  6. semoga keberkahan selalu menyertai kita dan semoga kita menjadi orang yang selalu bersyukur dalam hal apapun

    BalasHapus
  7. Dengan banyak-banyak bersyukur, Allah akan memberi rezeki yang banyak dan berkah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. in syaa Alloh
      makanya mas ini latihan dan berdoa supaya menikmati rasa syukur

      Hapus
  8. Berdoa dg tak henti-hentinya, bersabar jika doa belum dikabulkan, dan bersyukur jika doa dikabulkan. Aamiin
    *seseorang yang masih mencari-cari rejeki

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup Kak Rizka, semoga kita senantiasa berdoa bersabar bersyukur dan berikhtiar

      Hapus
  9. terkadang syukur terlupa bila kita selalu melihat ke atas,
    alangkah baiknya kita selalu melihat ke bawah...agar rasa syukur itu hadir dalam diri kita....
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita senantiasa bersyukur om

      Hapus
  10. Betul mas. Intinya adalah CUKUP. Tidak perlu meminta berlebihan, namun hanya perasaan cukup-lah yang membuat kita tenang. Banyak harta kalau tidak di manfaatkan dengan baik juga kurang baik. Rezeki kurang adalah kesempatan kita untuk terus serta memohon kepadanya, agar kita tetap beribadah dengan berusaha dengan maksimal.

    Jadi cukup adalah lebih baik. Tidak kurang juga tidak berlebihan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau banyak mau sedikit yang penting cukup cak heuheuhe

      Hapus
  11. "Maka nikmat TuhanMu yang mana yang kamu dustakan"
    Alhamdulillah, aku bersyukur atas nikmatMu, ya Allah! :)

    Assalamulaikum, mas taufik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa 'alaykumussalaam dik ishma...

      pagi2 udah diingatkan nih surat Ar Rahman, makasih yaa

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer