~*~ Siklus Air ~*~

Adalah hal yang wajar jika kita menjaga kebersihan tubuh dengan mandi paling tidak sehari 2 kali dilakukan tiap pagi dan sore itu pada umumnya. Meski begitu dalam beberpa kesempatan ada juga yang mandi sekali dalam sehari namun sepertinya itu hanya kasuistik sajalah. Namun ada juga yang mandi sebanyak 3 kali yakni pagi, siang sebelum dhuhur biasanya dan juga sore hari. 

Hal itu semata-mata kita lakukan dalam rangka menjaga tubuh ini agar selalu bersih dari kotoran, sehingga siklus aktivitas mandi tiap pagi, siang (kalau ada) dan sore pun kita lakukan. Namun juga ada baiknya kita memperhatikan hal lain yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan siklus mandi tersebut yaitu siklus air wudhu.

Ada baiknya kita mencoba belajar agar senantiasa menjaga wudhu dalam kehidupan sehari-hari yang mana tidak hanya sebelum sholat saja aktivitas wudhu itu kita lakukan. Paling tidak seperti berikut inilah yang diri ini coba terapkan, selepas mandi pagi sebelum kita berangkat beraktivitas kita berwudhu katakanlah itu jam 6 pagi setelah itu jika wudhu kita batal karena suatu hal semisal buang gas ataupun buang air kecil setidaknya jam 9 atau 10 kita wudhu lagi sekalian sholat sunnah dhuha hingga kita sambung lagi dengan ber-wudhu ketika mau sholat dhuhur meski seandainya kita belum batal wudhu kita dari sholat dhuha ke sholat dhuhur sah-sah saja kita ga berwudhu lagi.

Dari sholat dhuhur kita sambung lagi hingga sholat ashar. Begitupun di antara waktu ashar dan sholat maghrib mencoba menjaga wudhu kita. Setelah maghribpun kita lanjutkan dengan wudhu ketika hendak sholat isya dan bahkan disaat kita hendak tidur kita masih terjaga dengan keadaan berwudhu.

Ketika kita bangun pagi alangkah luar biasanya ketika bangun sebelum shubuh dilanjutkan dengan wudhu lagi tuk sholat malam hingga kita lanjutkan dengan sholat shubuh. Bagi sebagian orang ada yang sekalian mandi paginya sebelum sholat shubuh namun ada juga yang mandi pagi setelahnya dan disaat mandi pagi itu kita berwudhu lagi.

Memang kondisi diatas tetap memperhatikan kondisi yang ada semisal memang mudah dalam mengambil air wudhu. Ketika disela-sela antara waktu sholat kita sudah batal karena buang air kecil ada baiknya kita berwudhu juga, kalau memang memungkinkan.

Banyak sekali faedah berwudhu meski tidak hendak mau sholat dan dua diantaranya adalah sebagaimana hadist Rasululloh seperti dibawah ini.

Dari shahabat Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu’ kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’. Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’. Apabila ia mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudhu’ atau bersama tetesan akhir air wudhu’, hingga ia selesai dari wudhu’nya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa.” (HR Muslim)

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

#NasihatTukDiriYangLemahIni

Komentar

  1. Satu lagi manfaat wudhu yaitu mampu membuat wajah menjadi cerah dan dapat menghilangkan atau mencegah timbulnya jerawat. Ini sudah terbukti sekali.

    BalasHapus
  2. gw biasanya mandi pagi setelah sholat subuh, soalnya klo madi duluan dingin bangeeeet...

    BalasHapus
  3. saya biasanay sbeelum tidur suka mandi lagi pa, walaupun sore sudah mandi biar seger dan bersih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah malah baru tau aq ada yang suka mandi pas mau tidur heuheuhe

      Hapus
  4. Dulu waktu masih kuliah masih sering mandi pagi pagi, tapi sekarang udah jarang, karena dapet kerjaan di tempat yang lumayan dingin suhunya :D

    BalasHapus
  5. aku jadi teringat satu nasihat terkait wudhu ini, yang juga aku sempat posting di FB, yaitu...
    Barang siapa yang berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya, lalu ia berdo’a : Aku bersaksi tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali ALLAH Yang Maha Esa Yang tidak ada sekutu bagi-NYA. Dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan Rasul-NYA. Lalu ia berujar, Ya, ALLAH jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubah dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang disucikan. Maka terbukalah seluruh pintu-pintu surga yang berjumlah delapan. Dan ia boleh masuk dari pintu mana saja yang ia suka.” [HR Muslim dan Turmudzi dari Abu Hurairah] ...
    keep happy blogging always....salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih om tambahannya..

      salim

      Hapus
  6. Manfaat siklus air wudhu yang selalu membasahi diri kita akan membawa kita dalam keadaan yang jernih dalam berprilaku dan berpikir ya Kang. Sehingga semua itubila dapat di lakukan secara istiqomah akan mebaut segala pintu hijab terbuka untk orng-orang yang selalu menjaga wudhunya.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. in syaa Alloh.. makasih om

      salim

      Hapus
  7. Tak kiro ttg perubahan cuaca mas, lha judul e "siklus air" i. Sinau soko ulama', ketika ada yg minta suatu penjelasan, ulama ini bersuci mandi dulu dan wangiii. Hahaa. Meskipun air bersiklus yg dlm teoriu jumlahnya tetap, tp yo ojo akeh2 ngguwak2 banyu pas wudhu, uwong e tambah akeh. Sakno gak kebagian banyu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo sengojo judule ngonoe... iyo soyo akeh wonge ng dunyo heuhehe

      Hapus
  8. terimakasih untuk pencerahannya ya ;)

    BalasHapus
  9. Beberapa waktu yang lalu guru saya bercerita, "Sekarang ini sudah ada alat untuk mendeteksi apakah seseorang itu dalam keadaan berwudu atau tidak. Konon, orang yang masih dalam keadaan suci (berwudu) itu tenaganya lebih kuat."

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah alat apa tuh mas, mantap donk

      Hapus
    2. Sepertinya alat elektronik, tapi persisnya seperti apa kurang tahu :)

      Hapus
  10. Menjaga siklus air dengan berwudhu, judulnya sangat menarik ^ ^
    Memang wudhu banyak manfaatnya, walau keliahatannya sepele...
    Mari menjaga wudhu...!

    BalasHapus

  11. Kepedulian Kepada Sesama

    Sudah Banyak Kita Melihat
    Tapi Semua Terasa Sirna
    Sudah Banyak Kita Mengerti
    Tapi Sedikit Yang Kita Pahami

    Kemilau Harta Melimpah Ruah
    Justru Hati Kian Gelisah
    Hanya Orang Suka Bersedekah
    Hidup Jadi Makin Barokah

    Harta Hanyalah Titipan
    Pada Saatnya Pasti Dikembalikan
    Mengapa Tidak Dikeluarkan
    Agar Hidup Terselamatkan


    <<=0=>>

    Bank DKI => Kode : 111
    No Rek : 50323030085
    a/n : Setiawan Budiarto

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer