~*~ Malu ~*~

Ada satu rasa dalam hidup ini yang bernama malu. Namun malu itu tumbuh dengan beberapa macam alasan yang melatar belakanginya. Ada malu yang kerena kurang percaya diri, ada yang kerena merasa lemah diri dibanding dengan yang lainnya, ada juga yang malu dikarenakan canggung karena belum begitu kenal dengan orang lain.

Pemalu, diri ini sepertinya juga termasuk orang yang pemalu, sekali lagi sepertinya. Namun terkadang rasa malu itu tidak berdiri sendiri. Malu kadang kala ditemani rasa gengsi.
 
Kalau malu sekedar malu itu menurutku sih wajar saja, namun orang tersebut masih mau bertanya atas kelemahannya atau ketidaktauannya terhadap sesuatu kepada orang yang dianggapnya lebih tau. Hal ini semata-mata dilakukan tuk menjadikan dirinya lebih bermutu.

Nah malu disertai rasa gengsi ini lah yang menurutku ada sedikit masalah. Biasanya orang tersebut enggan tuk bertanya atas ketidaktaunnya, dia juga coba tuk mentutupi diri dengan berbagai macam alibi agar dirinya masih terlihat mampu dan tidak mempunyai kelemahan dalam diri.

Ini menurutku malah terasa menyiksa diri sendiri, karena enggan mengakui kalau memang diri ini masih lemah dan butuh saran serta ilmu dari orang lain. Biasakanlah bertanya pada orang yang lebih tau kalau memang diri ini tidak mampu, jangan menuruti gengsi yang justru akan merugikan diri.

Berhubung aku masih banyak yang belum tau, bolehlah minta saran apapun itu asal bisa membuat diri ini lebih bermutu. Thank You Kang Mas Mbak Yu...

posted under |

59 komentar:

  1. Bertanyalah pada ahlinya jika memang tidak tahu. Saya yakin kamu tahu siapa ahlinya dalam bidang yang kamu tidak tahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siyaap mas Sprite deh pokoknya
      "ku tau yang ku mau... " hehe

      Hapus
  2. Dalam Islam semua yang namanya malu pasti mendatangkan kebaikan..

    Namun di indonesia sering meminjam kata malu untuk menutupi rasa takut, lemah, dan gengsi. Padahal itu hanya alasan..

    Makasih sudah mengingatkan Mas pagi ini.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kembali atas senyuman mu.. Hehe

      Hapus
  3. Malu itu sebagian dari iman
    Tapi malu versi seperti ini nih yang bikin kita tersesat di jalan
    Lebih terbuka untuk bisa lebih berani, berani dalam hal-hal yg baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lebihh berani dalam menggapai.. impian hehe

      Hapus
  4. Malu bertanya kelaparan di jalan :D
    Budaya malu bagi kita orang yang beragama dan orang timur tentunya harus kita pelihara karena pada dasarnya semakin tinggi rasa malu semakin besar pula kontrol psikologis seseorang untuk melakukan tindakan amoral yang tidak terpuji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. malu minta traktiran itu mas hehe..

      makasih tambahannya mas.. semoga bisa mengontrol psikologis lebih baik

      Hapus
  5. Terkadang bahasa sederhana malu walau terlihat pendek dan mudah diucapkan namun masih sulit diterapkan dalam kesehariannya Sob.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah jadi Malu sama om Indra

      *salim*

      Hapus
    2. SEPATU (Sepakat dan setuju) mas indara...

      Hapus
  6. malu bertanya sesat di jalan... kebanyakan nanya memalukan.. #eh :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini dulu kata2 darimana yaa.. apa dari kaos Dagadu era 2000-an yaa hehe

      Hapus
  7. mau pada tempatnya wajar ya pak :) asal jangan malu-maluin

    BalasHapus
  8. malu itu sebagian dari iman...
    perempuan wajib punya rasa malu..
    duuh tapi kalau malu-malu buat nanya jalan pas tersesat.. harus dihilangkan jugaa. apalagi malu karena gengsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti aq ga malu minta ditraktir surabi + holecin

      Hapus
    2. saya juga gak malu kalau mau ditraktir hehe

      Hapus
    3. ah ikutan aja nih hehe

      Hapus
    4. Surabi kan sudah beli waktu itu sama kapten. Siapa yang traktir? haha

      Hapus
  9. "Kl gak paham, nanya" masalahnya bkn ada pd malu nya, tapi bingung opo seng arep ditakokno marai gak paham blas. ;( *mari ndelok presentasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kuwi lho buktine kalau takon kuwi yo susah hehe

      *mari ngono kate nang di :p

      Hapus
  10. malu karena gengsi kesana sananya jadi bisa malu2in diri kita sendiri ya sob :D

    saya nampaknya juga pernah terhinggapi malu karena gengsi ini...memang menyiksa akhirnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi kang... bikin kita malu sendiri , minimal malu dengan diri sendiri

      Hapus
  11. Pokoknya jangan malu bertanya, nanti tersesat hehe

    BalasHapus
  12. Singgah follow nih, jadi follower 90, dapat hadiah gak?? hehehe jadi malu :)

    BalasHapus
  13. saya pemalu lho, tapi bukan pemahat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. si empunya blog ini pemalu apa yang dipalu?

      Hapus
    2. siapa hayoo yang maen Palu... kena paku lagi tersayaaaat sampe sakit

      Hapus
  14. Malu aku maluuu...
    Pada semut merah....
    Lhooo kok malah nyanyi??? Mnr mas topik aku pemalu/malu2in hayooo???? , :-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. semut rang-rang mbak yuuu heheh..

      ayo aq diajakin traveling xixixi

      Hapus
  15. kalau saya juga termasuk tipe peMalu ni mas. Malu kalau bersalah,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu aq juga malu mbak yuli.. Hehe

      Hapus
  16. hidup banyak gengsi gak berkembang2 yaaa,
    :D

    BalasHapus
  17. hidup dengan gengsi hanya akan nyiksa diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi mungkin bagi sebagian orang gengsi itu emang di jaga lho.. Tapi kok aneh juga memelihara gengsi

      Hapus
  18. Hm ... yang terakhir itu .. bukan malu sebenarnya tapi asli gengsi ... berbahaya itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu ya.. Tante.. Bahkan ga kategori malu lagi alias mutlak gengsi, Oooh

      Hapus
  19. tak perlu malu untuk hal hal yang baik mas. nanti kita tak akan pernah maju.
    malulah untuk hal yang tidak baik. malu untuk korupsi, malu berbohong, dll.

    BalasHapus
  20. malu bertanya sesat di jalan, kebanyakan nanya malu-maluin. ga ada salahnya malu tapi asal jangan berlebihan ntar jadinya malu-maluin

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah nyasar juga karena ga ber tanya hehe

      Hapus
  21. malu karena gengsi? oalah.. malang nian nasibnya kalau begitu. Hidup jangan dibawa gengsi, iya kan mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati inipun masih belajar agar tidak ada gengsi di dalamnya Bang

      Hapus
  22. malu bertanya jalan terus, makanya banyak yang tersesat di belantara kehidupan... salam ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesti bertanya pada Om hari nih.. yang udah banyak makan asam garam kehidupan

      Salim

      Hapus
  23. malu...rasa ini mulai perlahan memudar di negri kita....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sehingga banyak yang bertidak seenaknya gitu ya Bu.. hehe

      Hapus
  24. Malu budaya yang dulu melekat dengan orang timur tetapi sekarang luntur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau budaya malu malu ini ada ga kang? Hehe

      Hapus
  25. Saya termasuk orang yang pemalu nih mas hehe

    BalasHapus

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Disqus Shortname

Comments system

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post Number

Related Post Number

About Me

Foto saya
~*~ bukan anak pesantren apalagi anak kyai, cuma orang yg pengen #KerenBinBeken Trendi nan Syar'i ~*~ One Day One Receh ^_^

FOLLOW @ INSTAGRAM

Recent

Boxed / Fluid

About Us

Random Post Number

Popular Posts

Slider Display

Random

Recent

Like Us

Flickr

Subscribe

Socialize

Followers


Recent Comments