~*~ Bangkrut ~*~

Bangkrut merupakan kata yang tentunya berkonotasi negatif. Bangkrut kata yang menunjukkan keadaan dimana seseorang telah rugi serugi-ruginya. Bangkrut sebuah kata yang bisa jadi ditakuti oleh semua orang saat ini.

Bangkrut aku juga termasuk orang yang takut tuk menerimanya. Kalau kita memahami istilah bangkrut dengan pengertian bahwa kita tidak memiliki harta apa-apa mungkin diakibatkan karena kerugian dari usaha kita tentulah wajar sekali, kenapa? Karena paling tidak para sahabat Rasulpun ketika ditanya mengenai pengertian bangkrut juga menyatakan hal demikian bahwa orang yang bangkrut itu orang yang tidak mempunyai dirham dan harta benda. Namun ternyata? Bukan itu jawaban yang diinginkan Rasul.

Dalam suatu hadist, dari Abu Hurairah, suatu ketika Rasulullah Saw bertanya kepada para sahabat: “Tahukah kalian, siapakah muflis (orang yang bangkrut) itu?”. Para sahabat menjawab: “Di kalangan kami, muflis itu adalah seorang yang tidak mempunyai dirham dan harta benda”. Nabi bersabda : “Muflis (Bangkrut) di antara umatku itu ialah seseorang yang kelak di hari qiyamat datang lengkap dengan membawa pahala ibadah shalatnya, ibadah puasanya dan ibadah zakatnya. Di samping itu dia juga membawa dosa berupa makian pada orang ini, menuduh yang ini, menumpahkan darah yang ini serta menyiksa yang ini. Lalu diberikanlah pada yang ini sebagian pahala kebaikannya, juga pada yang lain. Saat kebaikannya sudah habis padahal dosa belum terselesaikan, maka diambillah dosa-dosa mereka itu semua dan ditimpakan kepada dirinya. Kemudian dia dihempaskan ke dalam neraka. (Hadits Riwayat  Muslim).

Miris tragis pengen nangis, ketika ku mengetahui tentang hadist ini sungguh mengerikan sekali diri ini takut akan "ke-bangkrut-an" seperti itu. Bangkrut di Dunia aja sudah ngeri apalagi ini bangkrut di Akhirat selama-lamanya. Astaghfirulloh.

Bagaimana tidak, amalan ibadah yang telah kita kumpulkan di Dunia seperti shalat, puasa dan zakat itu bisa hilang diakibatkan kelakukan buruk kita seperti suka mencaci maki, menyakiti yang mana itu di Dunia belum mendapatkan maaf dari orang-orang yang tersakiti. 

Bayangkan saja dalam hadist itu dijelaskan bagaimana orang yang membawa amal ibadahnya karena kelakuan buruknya maka ia dituntut oleh orang-orang yang pernah terdzolimi oleh dirinya. Maka pahala dari orang itu diberikan kepada orang yang pernah terdzolimi, lha itu kalau cuma satu orang kalau lebih gimana? kalau lebih maka dikuras dulu pahala amalan baiknya sebagai ganti atas kelakuan buruknya di Dunia, kalau masih ada orang yang menuntut seperti apa?

Kalau pahalanya sudah habis padahal masih ada orang-orang yang menuntutnya maka dosa-dosa orang yang pernah disakitinya akan deberikan kepadanya, lengkap sudah penderitaannya. Sudahlah pahala habis ditimpakan dosa pula. ya Alloh ampuni kami atas kekhilafan yang pernah kami lakukan.

Buat teman-teman yang pernah merasa tersakiti, aku mohon maaf sebesar-besarnya. Mungkin tingkah polah laku jaman dulu atau kemarin-kemarin bahkan sekarang ini tanpa kusadari telah menyakiti kalian. Maaf.

posted under |

60 komentar:

  1. Dalam hidup ini kita harus hati-hati mas, menjaga lisan dan tangan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangets Mas Edi.. miris dan ngeri kedepan mesti lebih baik lagi, menjaga lisan dan tangan. makasih ^_^

      Hapus
  2. Walaah, ibadah pun tidak seberapa. Trus mau dikuras? ;(

    kdg menzalimi orang lain itu tdk dirasa, bhkan oleh org yg kita anggap alim dan bnyak ilmu sekalipun, apalagi kita malah gak peka blas kalau sudah menzalimi yg lain, tdk hanya manusia tp jg hewan dan lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kuwi lho Mbak Chelin.. ibadah ora sepiro kate dikuras lak yo garai miris (sok ngalam bosone ker) ^_^

      Hapus
  3. Semoga kita terhindar dari kebangkrutan dunia akhirat.. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, ya Alloh. makasih doanya ustaadz senyum syukur

      Hapus
  4. semoga kita tidak menjadi bagian dari orang yang bangkrut itu ya kang....

    BalasHapus
  5. duluuuu, waktu aku masih SD. bpkku pernah mengalami kebangkrutan yg luar biasa. sampai kami harus hidup prihatin dibawah garis kemiskinan..
    miris.. tp kini.. meskipun belum sepenuhnya bisa berdiri tegak, pundi2 rupiah sudah bisa kami rasakan kembali, ibaratnya sudah bisa makan enak lagi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak norma di dunia aja udah miris apalagi di akhirat iih ngeri

      Hapus
  6. ngeri ya pak pik... betul banget pahala belum seberapa sudah harus habis,, semoga kita dijauhkan yang seperti itu amin..
    maafkan saya juga ya pak pik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak nophi.. amal sudah sedikit jangan sampe deh ya dikuras. Maafij aq juga ya ^_^

      Hapus
  7. Bangkrut adalah kata yang tak ingin hinggap dalam kehidupan saya, baik dunia maupun akhirat. Kebangkrutan versi akhirat ini yang paling mengerikan ya sob :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngeri bangeets Kang,
      semoga Mie Janda lancar jaya.. dan membawa sarana menuju ke Surga - Nya

      Hapus
  8. Seperti sebuah lagu, tobat maksiat. tobatnya dilakukan maksiatnya tetep jalan.
    semoga kita semua terhindar dari penyakit hati. terima kasih sharingnya dan salam kenal ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gawat nya kalo "tomat" ^_^
      sama2 mbak ayuuu, salam kenal juga

      Hapus
  9. Astaghfirullahaladziim... suatu kebangkrutan yang semoga kita tdk mengalaminya. Aamiin.
    Jadi ingat teman kantor yang saling tdk bertegur sapa sampai skrg. Sudah tak coba menasehati, tapi sia sia hiks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, makasih doanya Teh ^_^
      wah masih ada juga ya yg tidak saling teur sapa.. minimal kita dah pernah mengingatkan

      Hapus
  10. waduh, jgn sia siakan untuk beribadah didunia sob biar gak bangkrut didunia dan diakhirat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, makasih sudah diingatkan

      Hapus
  11. Astaghfirullahaladziim...
    serem banget ya, mudah2an ga ada orang gw sakiti selama ini klo sampe ada mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar2nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. serem Mas yandhi.. aq jg berharap orang2 yg pernah tersakiti telah memaafkanku

      Hapus
  12. Na'udzu billah ya .... saya takut ... duh padahal masih suka bikin salah. Mungkin ada orang yang tidak sreg sama saya ... atau malah meninggalkan goresan di hati anak2 saya .... duh .... astaghfirullah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tante, aq pun demikian... takut juga jd orang yg bangkrut

      Hapus
    2. Mudah2an tak menjadi orang yang bangkrut

      Hapus
  13. Semoga melalui postingan ini saya bisa membersihkan hati lagi. Terima kasih sudah berbagi mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, sama2 belajar Mbak Titis

      Hapus
  14. Mak ikutan muhasabah di sini ya Le.
    Maafin juga kalau ada salah-salah kata dan sikap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggeh Mak..
      tapi asik lagi kalau ada semur telor Mak ^_^

      Hapus
    2. Ambil sendiri ke rumah ya Le....

      Hapus
    3. asiiik, kapan2 deh Mak yee ^_^

      Hapus
  15. saya pernah mengalami bangkrut dalam usaha, sungguh pahit Mas, Tapi bangkrut di dunia masih banyak pertolongan dari org lain: saudara, keluarga, sahabat, bank, dll. Namun bangkrut di akhirat, nauzubillah, semoga tidak Mas. Harus ke mana minta tolong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia om, mana sy tahu jawabannya kalo udah seperti itu -_- | semoga, semoga dan semoga kita tidak demikian

      Hapus
  16. Jangan sampai kita bangkkrut dunia akhirat, amiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mas Anwar.. jangan sampe, semoga. aamiin

      Hapus
  17. atos dimaafkeun...
    saya juga minta maaf pak le...

    *edisi menjelang idul adha* :D

    BalasHapus
  18. Yuk selalu tebarkan kebaikan lewat tulisan atau apapun sam.. Sapa tahu kelak akan jadi riba' pahala bagi kita.. *macam bank aja pakai riba'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menebar kebaikan, nanti pahalanya seperti MLM yang mengalir terus klo Downline nya jalan terus hehe...

      Hapus
  19. Bangkit bangkit bangkit,,,, hidup ini seperti roda yang berputar. Selama kita dekat kepada Allah niscaya segalanya akan dimudahkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAlloh, makasih kang Irfan

      Hapus
  20. saya sudah tahu hadist ini mas. inilah hidup. lagi pula jauhkan lah diri dari menyakiti orang, menzhalami, kalau mas taufik, inysaALlah saya percaya tidak akan melakukannya.. amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin maksih doanya Bang, semoga kita semua terlepas dari perbuatan demikian

      Hapus
  21. bangrut dunia msh bs diatasi tp bangrut akhirat hny terima siksa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangkut dunia aja susah.. nah ini bangkruut akhirat.. udah ga bs di ulangi lagi tuk memperbaiki.semoga kita terhindar

      Hapus
  22. semoga bisa menerapkan hikmahnya, amiin..

    BalasHapus
  23. huaaa, maafkan saya juga yaah Topics klo saya ada salah kata dalam berkomen disini.. semoga kita selalu bisa menjaga lisan dan tulisan kita yaaah, terimakasih lagi sudah mengingatkan :):)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah Kak Diah ga ada salah kok ^_^

      Hapus
  24. Balasan
    1. met idul adha juga kang Haris, maaf nih lagi bales lagi sok sibuk nih ^_^

      Hapus
  25. Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha, bila ada salah kata dan khilaf atas prilaku selama ini, serta bila ada salah baca atau salah dalam berkomentar, atau belum sempat membalas komentar, dari lubuk hati yang paling dalam saya mohon dimaafkan lahir dan batin...salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama om Hari, maaf lahir batin juga yaa..
      *salim*

      Hapus
  26. Semoga kita senantiasa dilindungi oleh-Nya ya topics, baik dari kebangkrutan dunia terlebih kelak di akhirat :) aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, makasih doanya Kak Anggi

      Hapus
  27. wah bangkrut di dunia aja udah ngeri bgt.. apalg bangkrut di akhirat. Smoga ga terjadi pd kita, baik bangkrut dunia maupun akhirat

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga kita lebih hati2 ya mbak Cova

      Hapus
  28. astagfirullah... semoga terhindar dari bangkrut di akhirat :'(

    BalasHapus

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Disqus Shortname

Comments system

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post Number

Related Post Number

About Me

Foto saya
~*~ bukan anak pesantren apalagi anak kyai, cuma orang yg pengen #KerenBinBeken Trendi nan Syar'i ~*~ One Day One Receh ^_^

FOLLOW @ INSTAGRAM

Recent

Boxed / Fluid

About Us

Random Post Number

Popular Posts

Slider Display

Random

Recent

Like Us

Flickr

Subscribe

Socialize

Followers


Recent Comments