~*~ Nasihat Teman -Bila- (9) ~*~

Bila kita tak mampu memberi setidaknya janganlah mengambil
Bila kita mengasihi terlalu sulit setidaknya jangalah membeci
Bila kita tidak bisa menghibur maka jangalah membuatnya sedih
Bila kita tidak mungkin meringankan beban orang lain setidaknya jangan memberatkannya
Bila kita tidak bisa memuji maka jangalah menghujat
Bila kita tak dapat menghargai setidaknya janganlah menghina
dan Bila tidak suka bersahabat setidaknya janganlah cari musuh

ketika ku baca nasihat ini aku teringat akan uangkapan Umar bin Abdul Aziz ;
“Jika mampu, jadilah engkau seorang alim (ulama), jika tidak mampu maka jadilah penuntut ilmu, jika tidak mampu maka jadilah pencinta ulama’, jika tidak mampu maka janganlah kamu membenci ulama."

Komentar

  1. Bila tak suka membaca tulisan ini, maka bagaimana kak? Wkwk :p

    BalasHapus
  2. @mbak chelin: bila tak suka setidaknya cukup mampir ajah ckck.. ^_^

    BalasHapus
  3. Mengingatkan itu perlu, kadang sulit untuk dipraktekkan

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. @teh santi: aamiin , semoga jg ada rabeg ^_^

      Hapus
  5. Bila bicara bisa menyakiti hati, maka diam adalah lebih baik.

    Setuju deh sama yang ditulis mas Topics.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @bunda: bener bangeets tuh bun.. adakalanya dian itu emas ^_^

      Hapus
  6. Pasti damai banget ya kalau bisa mempraktekkannya :)

    BalasHapus
  7. untaian kata yg penuh dgn hikmah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @capung: semoga kita bisa mengambil hikmahnya ya ^_^

      Hapus
  8. bila tak mampu kontan janganlah paksakan berutang :p

    BalasHapus
  9. Kata-kata nasihat yang harus dipegang ini karena sangat banyak nasihat dan manfaatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mas abed: insyaAlloh semgoa bermanfaat ^_^

      Hapus
  10. subhanallah.... terimakasih sudah diingatkan kembali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @kak heti: subhannalloh.. jd malu sy ^_^

      Hapus
  11. Hal sederhana berdampak besar yang sering terlupakan. Terimakasih sudah mengingtakan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @cak rd: alangkah indahnya jika saling memahaminya ^_^

      Hapus
  12. Umar bin abdul aziz kalau nggak salah kan, puncak kejayaan pemerintahan bani umayyah.

    *ups lupa sob. Kalau nggak bani umayyah ya abbasiyah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mas sob: umar bin abdul aziz masuk era kekhilafahan bani umayah, jaman beliau bahkan tidak ada yg berhak menerima zakat. Subhannalloh

      Hapus
  13. nasihat "BILA" yang mengingatkan diri sendiri..terimakasih sobat :-)

    BalasHapus
  14. bila teringat tentang dikau....
    #eh
    hehehe

    BalasHapus
  15. @om hari: saling menasihati om ^_^

    BalasHapus
  16. @kak lulu: itu jika bukan bila
    Jika teringat ttg dikau, jauh dimata dekat di hati *nyanyi* ^_^

    BalasHapus
  17. betul,, betulll betull,,, sy tidak bisa menjadi ulama,, insya Allah saya selalu berusaha u/ menjadi pencintanya

    BalasHapus
  18. @Kang Yusuf; ya setidaknya kang ^_^

    BalasHapus
  19. Iyaaa, jika tak mampu membayar hutang hendaknya jgn beehutang, he he he

    BalasHapus
  20. semuanya sepadan mas...jika tidak mampu menyukai maka bersikap biasalah

    BalasHapus
  21. Waaah "janganlah membenci ulama"

    Itu kadang2 yang tidak kita sadari lho. Kalo ada ulama yang muncul di tipi yang aneh2 kelakuannya.

    BalasHapus
  22. @Pendar: hehe... bisa2 aja ^_^

    BalasHapus
  23. @Tante Mugniar: ups.. bener juga ya? hehe ^_^

    BalasHapus
  24. bila tidak sanggup, ada pilihan sesuai kemampuannya ya, salam kenal :)

    BalasHapus
  25. @even jogja: menyesuaikan kemampuan ya.. ^_^

    salam kenal juga, lama nih ga maen ke jogja

    BalasHapus
  26. bila tak mampu membaca, maka mengomentarilah :hedeh nyambung kagak ya? :P

    BalasHapus
  27. Sebuah nasihat yang menyejukkan...

    BalasHapus
  28. Kak Annur: disambung2in aja dah ^_^

    BalasHapus
  29. Nasihat yang sungguh bijak,. sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya, dan, mungkin juga manusia yang tidak merepotkan sesama :)

    BalasHapus
  30. @Kak may: aq ga merepotkan BW lho ^_^

    BalasHapus
  31. Makasih Nasehatnya sob...

    SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] dari pemuda asal Mempawah yang menetap di Jogja, gak suka marah apalagi mencela, mudah-mudahan bisa senantiasa membuat orang lain bahagia dan semoga anda berkenan dengan komentar saya, haha :D

    BalasHapus
  32. @mas Abdullah: asiiiiiik ^_^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer