~*~ Keinginan ~*~

Ketika aku melihat berita pagi di tengah pemberitaan hiruk pikuk perpolitikan, kriminalisasi ada berita yang bikin sejuk hati ini. Berita akan keberangkatan jamaah haji dari dalam negeri.

Seorang nenek yang setiap harinya mencari nafkah dengan menjadi pemulung di Probolinggo alhamdulillah akhirnya tahun ini keinginannya yang sudah lama sekali yakni naik Haji akhirnya terkabulkan setelah beliau menabung selama 20 tahun. Beliau bahkan pernah tertipu 10 juta di tahun sebelumnya dari semacam agen haji yang katanya menyanggupi supaya beliau bisa berangkat haji lebih cepat (kok yo tego-tegone nipu ngono lho).

Satu cerita lagi dari tanah Sumatra Utara tepatnya di Medan yaitu Pak Abdul Karim yang kesehariannya beliau sebagai pengayuh becak dalam mencari nafkahnya akhirnya tahun ini alhamdulillah bisa naik haji. Beliau menabung selama 15 tahun tuk mewujudkan keinginan menunaikan salah satu rukun Islam itu. Subhannalloh, luar biasa, keren bin beken daah.

Hikmah yang begitu dalam bangets bagiku, sebuah nasihat tidak langsung yang luar biasa bagaimana mereka itu mampu menyisihkan uangnya tuk di tabung tiap hari meski sedikit demi sedikit akhrinya menjadi "bukit" mereka mampu mengalahkan hawa nafsu tuk membeli sesuatu yang mengkin saja mereka sebenarnya ingini namun semua itu bisa dilewatinya dengan fokus menanbung tuk berangkat haji.

Dari kisah ini aku belajar jika keinginan kita sudah terazamkan dengan niat yang sungguh-sungguh maka akan dibarengi pula dengan aktivitas yang riil untuk menunjang agar keiingian tersebut bisa tercapai. Tentunya aktivitas yang kita lakukan tetap harus dalam koridor syariah bukan dengan menghalalkan segala cara.

Barakallohu fiyna Yassarallohu umurana, aamiin

Komentar

  1. Innamal A'malu Binniat, segala sesuatu itu bagaimana niat awalnya ya pics :) subhanallah..

    BalasHapus
  2. tidak ada yg tidak mungkin kalau Allah menghendaki ya, tapi kadang2 kita suka pesimis, merasa tidak mampu dan tidak yakin dengan kemampuan kita.

    Tetangga saya ada nenek yg bisa naik haji dari hasil jualan sayuran yg ditanam sendiri di pekarangan rumahnya. Sampai sekarang juga masih suka jualan sayur meskipun sudah dapat jatah dari anaknya

    BalasHapus
  3. Subhanallah.... kisah yg seharusnya membuka mata kita ya... bahwa tak ada yg tak mungkin jika kita memiliki niat yg kuat, dibarengi dgn doa yg tulus ikhlas.

    BalasHapus
  4. Selalu ada jalan untuk mereka yang benar-benar jujur niatnya..
    semoga kita bisa berngkat ke tanah suci juga..

    BalasHapus
  5. @Kak Anggi: iya kakak.. ^_^

    BalasHapus
  6. @Kak Tari; Suhhannalloh luar biasa bangeets,ya nenek itu kak ^_^

    BalasHapus
  7. @Mbak Chelin; uduk, tapi nang TVoon

    BalasHapus
  8. @Teh santi: bangeetss teh, semoga kita mampu mencontohnya ^_^

    BalasHapus
  9. @Mas Halim: aamiin, semoga mas ^_^

    BalasHapus
  10. semoga kita semua diberi kemudahan untuk bertamu ke sana. amiiinnnn....

    BalasHapus
    Balasan
    1. *turut mengaminkan komentar bang ridwan

      AAMIIN YA MUJIIB :)

      Hapus
  11. @Mas Ridwan: aamiin, makasih doa nya mas ^_^

    BalasHapus
  12. Itulah kekuatan niat dan tekat yang kuat.

    BalasHapus
  13. @Mas Sob HP: mantaaaap mas sob itu dia yg ku maksut ^_^

    BalasHapus
  14. jika mau berusaha, berdoa dan punya niat yang kuat, hal tersebut pasti terjadi... kadang ada orang yang siang malam kerja banting tulang, punya mobil, hartanya banyak, tapi mereka gak mampu untuk pergi haji, bukan gak mampu tapi gak niat....

    BalasHapus
  15. @Mas ahmad: bener mas, kalimat yg trkahir itu mungkin bukan ga mampu tapi emang ga niat.. buat renungan kita bersama

    BalasHapus
  16. kok yo tego nipu2..

    tp Allah selalu baik..niat baik akan selalu ada jalan untuk hal yang baik2 :)

    BalasHapus
  17. Memang segala sesuatu terutama hal-hal baik haruslah dengan niat yang sungguh-sungguh tertanam dalam kalbu.

    Seperti dalam menebarkan sebuah pesona, tak perlu jauh-jauh kesana kemari... Yang dekat-dekat saja asalkan dengan niat yang kuat, pasti dapat.... #apasiiiihhhh ^_^

    BalasHapus
  18. tak ada yg tak mungkin di Dunia ini ya ? :)

    BalasHapus
  19. Mengingatkan pada hari raya qurban tahun lalu, nenek pemulung yang kisahnya diangkat oleh ustaz Yusuf Mansur.

    BalasHapus
  20. @Mbak enny: semogapun demikian niat baik kita di permudah oleh Alloh aamiin

    BalasHapus
  21. @Emak: bener maaak, harus diniatkan dg sungguh2 dalam kalbu termasuk tebar pesona ^_^

    BalasHapus
  22. @Mbak ely: kehendak sing Kuosa mbak ^_^

    BalasHapus
  23. @Mbak chelin: oo ngono yo... wah seru tuh critanya pasti penuh hikmah ^_^

    BalasHapus
  24. @Kak Nhis; asiik ditambahin aamiin ^_^

    BalasHapus
  25. Iya, saya juga terasa tersindir berat.. hanya baru sebatas keinginan aja, aksinya belum nyata. Lah mereka yang benar2 ingin itu ya seperti mereka... menabung sedini mungkin bukan sekadar kata2, Jadi malu :(

    BalasHapus
  26. @kak Ave: iya kak, sy juga malu nih -_-'

    BalasHapus
  27. Iya ishma juga ngelihart ada Pak Kusdi, seorang yg bekerja dg rongsokan sampah..

    BalasHapus
  28. @Dik Ishma: wah ada cerita lain juga ya.. MasyaAlloh

    BalasHapus
  29. Kunjungan perdana disini...
    Btw banyak coretan-coretan menarik yaa disini...
    Salut deh buat Adminnya... :)

    BalasHapus
  30. @Mas Riio: makasih mas rio, welkam ^_^

    BalasHapus
  31. itulah mengapa ada hadist yg mengatakan bahwa segala perbuatan tergantung niatnya, niatnya keras maka insya allah akan menjadi kenyataan....
    :)

    BalasHapus
  32. @Mas Dihas: yaa mas, semoga kitapun punya niatan yg kuat dalam kebaikan, aamiin ^_^

    BalasHapus
  33. Masya Allah ... selalu terharu lihat berita ttg nenek2 di Probolinggo itu. Bukti bahwa tekad yg kuat menuju-NYA akan ditunaikan-NYA ... subhanallah

    BalasHapus
  34. malu.. selama ini cm pengen aja naik haji, tp ga melakukan apa2 buat mewujudkan. Menabung jg blm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak cova sepertinya aq jg baru sekedar pengen belum bener2 niat astaghfirulloh

      Hapus
  35. keinginan serupa sudah terucap sejak SD, terutama pingin menghajikan ortu. semoga kita semua dimampukan memenuhi panggilan-Nya ke tanah suci, :)

    BalasHapus
  36. kalau niatnya kuat, insyaAllah bisa tercapai,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, menumbuhkan niat yg kuat itu tantangannya ^_^

      Hapus
  37. salut dengan kesungguhan si nenek yg punya komitment tinggi utk naik haji. ini perlu kita tiru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangeets kang Haris, keinginan yang perlu kita tiru nih ^_^

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer