~*~ Berhenti Sejenak ~*~

Aku teringat film kartun Kungfu Boy dengan lakon utamanya yang bernama Chinmi. Suatu ketika dia diminta gurunya tuk melompati sungai dari tepi satu ke tepi yang lain dan dengan entengnya dia mampu melewatinya. Setelah itu diapun diajak pergi ke seuatu tempat oleh gurunya dan diminta oleh sang guru untuk melompat melewati persis apa yang dilakukannya ketika melewati sungai tadi, namun kali ini Chinmi tidak diminta tuk melompat melewati sungai namun tebing yang curam menuju tebing di sebelahnya dengan jarak lebar yang sama dengan sungai tadi, apa yang terjadi?
 
Ketika dia berlari ingin melompati tebing itu tiba-tiba dia berhenti takut tuk melompat melewati tebing itu. Dia berfikir apakah sanggup, jangan-jangan kalau tidak sanggup dia akan jatuh ke jurang dan tentunya sangat bahaya sekali untuk keselematan jiwanya.

Sang gurupun bertanya kenapa Chinmi tidak berani melewati tebing tersebut? padahal lebar tebing yang satu ke tebing sebelahnya sama dengan lebar sungai yang tadi begitu mudahnya ia lompati. Sang gurupun memberi tau bahwa fokuslah pada kemampuanmu seperti ketika dia mampu melompati sungai tadi.

Setelah mendapat wejangan dari gurunya, Chinmi pun berhenti sejenak dengan penuh konsentrasi dan memundurkan langkahnya tuk membuat acuan lari dan akhirnya Chinmi pun berlari lalu melompat melewati jurang tebing menuju tebing berikutnya dengan bayangan bahwa yang ia lewati itu sama dengan sungai tadi dan akhirnya dia pun mendarat di tebing seberangnya dengan selamat.

Dari sekian kisah dari kungfu boy, cerita ini yang aku paling suka. Dalam hikmatku entah ini benar atau salah tapi inilah yang aku rasakan kita bisa petik pelajaran dari kisah di atas, yakni fokuslah pada kemampuan jangan terlalu membayangkan ketakutan-ketakutan yang berlebihan. Berhentilah sejenak tuk memulihkan kondisi, membuat strategi agar apa yang kita inginkan itu insyaAlloh bisa tercapai.

Sesekali keluarlah dari rutinitas yang ada atau luangkanlah waktu sejenak. Orang yang sibuk dengan kerjaannya misalnya cobalah berhenti sejenak tuk meluangkan waktu sholat dhuha, insyaAlloh tambah berkah. Orang yang biasa sukanya nonton sinetron cobalah tuk lihat acara-acara semisal orang pinggiran, insyaAlloh kita akan memaknai hidup ini penuh dengan rasa syukur.

Berhentilah sejenak tuk melangkah ke arah yang lebih jauh.














posted under |

56 komentar:

  1. Skak mat sob.
    Jadi kerasa tersindir, saya kadang terlalu sibuk dengan rutinitas. Berhenti sejenak kayaknya memang perlu.

    BalasHapus
  2. @Mas Sob: aq ga bisa maen skak kok mas ^_^
    mosok lari2 terus istirahat minum es teh dulu gitu lho

    BalasHapus
  3. Kalau terbiasa sekolah/bekerja setiap hari, sempatkan bolos sesekali... :DD

    BalasHapus
  4. @mbak chelin: bisa jadi-bisa jadi.. wah suka bolos kuliah yaa hmm ^_^

    BalasHapus
  5. sukaaaaa bgt ama tulisan ini.. "fokuslah pada kemampuan jangan terlalu membayangkan ketakutan-ketakutan yang berlebihan"

    siip.. kebetulan besok weekend, pas bgt utk berhenti sejenak :D

    BalasHapus
  6. @Mbak Cova: weekend ke rumah khayalan asik tuh ^_^

    BalasHapus
  7. Berhenti sejenak, mas Topics... baru besok packing lagi ke luar kota. Hihihi...

    untuk mengambil ancang-ancang, kita memang harus berhenti sejenak. Supaya ayunan langkah kita ke depan bisa lebih kuat dan lebar.
    Jangan kelamaan berhentinya yaaa.... Lanjutkan tebar pesonanya ^_^

    BalasHapus
  8. @Emak: wah bahaya nanti kalo tebar pesona, tapi emang udah saatnya tancap gas nih ^_^

    BalasHapus
  9. Jangan ngebut-ngebut tancap gasnya, ntar kejlungup :p

    BalasHapus
  10. @Emak: Slow But Sure aje yee :p

    BalasHapus
  11. Iya.. Namanya rutinitas salalu malalaikan hati, bahkan dalam rutinitas kebaikan. Untuk itulah perlunya memperbaharuai niat dalam setiap ibadah. Membuat ibadah yang selalu terulang tidak menjadi sekedar rutinitas...

    BalasHapus
  12. Wah.. pelajaran yang bermanfaat.
    Kalau saya sukanya One Piece..

    Salam Kenal

    BalasHapus
  13. Kalau saya dibalik ...

    Sesekali bekerjalah ...
    agar setelah itu ... anda akan lebih nikmat bersantainya ... secara rutin ...

    :)

    Salam saya

    BalasHapus
  14. uhuk... uhuk... daku lagi jenuh nih, jadi.. mesti keluar dulu dari rutinitas ya, Om.. :)

    BalasHapus
  15. @Senyum: Semoga niat selalu terjada karena Alloh ta'ala ^_^

    BalasHapus
  16. @Opa NH: wah asiik tuh ^_^

    BalasHapus
  17. @Teh santi: minum obat biar ga batuuuk, kelaur makan rabeg asik nih ^_^

    BalasHapus
  18. @Mas Iwan: salam kenal juga mas ^_^

    BalasHapus
  19. Makasih mas topek untuk posting kali ini. Indah sekali. Rasanya ini yang saya butuhkan sekarang. Berhenti sejenak untuk mengatur strategi dan fokus pada kemampuan serta menyingkirkan risau yang terlalu....

    BalasHapus
  20. @Cak Ridwan: wah perlu obat oseng terong bunda nih ^_^

    BalasHapus
  21. Awas lihat-lihat dulu jalannya Mas.

    Kalau ada batu minggir dulu, jangan sampai upload gambar speedo meternya lo.

    Tak omongne Pak Jokowi sampean.

    BalasHapus
  22. @Cak jaswan: lah maksute opo kok sampe bawa2 spedoo meter dan pak jokowi ^_^

    BalasHapus
  23. Mungkin kita bisa menerapkan pada rutinitas minimal 5 waktu sehari, yaitu di setiap hendak memulai bacaan ataupun gerakan shalat, berhentilah sejenak renungkan apa makna yang kita lakukan, apa yang sudah kita baca dan apa yang sedang atau akan kita baca. Insya Alloh dengan memberikan jeda setiap gerakan dan bacaan shalat, akan banyak yang kita dapatkan dari shalat.

    Jempol kang,cerita inspiratif banget

    BalasHapus
  24. Terkadang kita juga butuh beberpa langkah mundur ke Belakang, ntuk menghasilkan lompatan yang lebih tinggi dan lebih Baik.. :) he :D

    BalasHapus
  25. @Pak ies: makasih tambahannya om ^_^

    BalasHapus
  26. @Mas Furqon: lha yo kuwi mas maksute ^_^

    BalasHapus
  27. Kadang perlu berhenti agak lama (bukan sejenak :P) dlm suatu prcakapan yg nantinya diprediksi akn mgarah ke hal yg lbh dalam dan prdebatan. Wkwk

    BalasHapus
  28. @Mbak Chelin: wow, hmm bisa jadi ^_^

    BalasHapus
  29. berhenti sejenak dari pencarian ini ya, mas? #liriknetbuk
    lalu tiba-tiba melompat.. melompat dan mendarat di atas skripsi tebal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @kak pita; pencarian apa nih? ^_^
      *skripsidijalankansaja*

      Hapus
  30. berhenti sejenak, luangkan waktu untuk silaturahmi ya mas * smile

    BalasHapus
  31. @bang awal: siiip daah, bener2 sejenak ^_^

    BalasHapus
  32. Sesekali ajaklah aku travelling, keliling Indonesia. Hahaha. Itu kereeen kan. Hahaha.

    BalasHapus
  33. wah, saya suka banget dengan Chinmi ini, bahkan sampai punya komiknya segala...

    betul banget, adakalanya kita dibikin penat oleh pekerjaan dan tugas sehari-hari, apalagi kalau sudah main target, rasanya yang ada di kepala itu-itu saja. alangkah hebatnya orang-orang yang bisa menepis kesibukannya untuk berhenti sejenak, beribadah kepada Rabbnya, memohon kebaikan dan ketenangan dalam bekerja

    BalasHapus
  34. @Qefy: traveling ku gratis lagi ^_^

    BalasHapus
  35. @Kak Khusna; wah aq ga punya komiknya ^_^
    bener kak, ada baiknya berhenti sejenak, mengumpulkan energi kembali

    BalasHapus
  36. Energi menulis ataukah enrgi apa nih mas topic

    BalasHapus
    Balasan
    1. @info: energi yang positif tentunya ^_^

      Hapus
  37. Seperti biasa .... dalaaam.
    Memang harusnya fokus pada kelebihan, Kalo fokusnya di kekurangan, kelebihan malah tertutupi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Tante mugniar: sepakaat seperti tante yg punya banyak kelebihan, seperti selalu always ngeblog ^_^

      Hapus
  38. @Topics, wah suka kungfu boy juga ya....?? itu juga jagoanku saat aku kecil dan sampai saat ini...heheee....aku suka sekali dgn chinmi yg penuh semangat, pantang menyerah dan suka menolong orang lain.....

    Berhenti sejenak untuk baca2 lagi komik kungfu boy....qiqiqi.... *seach google : bacamangakaizen

    BalasHapus
  39. @Mas Dani; suka pas cerita itu mas ^_^

    BalasHapus
  40. intix adalah memulai lah dlu..., entah berhasil atw tdk., pasti semua ada hikmax, jdikan pembelajaran aja.. *smile

    btw.,lama gk ketemu chinmi..,*sedikit kangen, dlu waktu SMA komikx aq lahap gk tau sampe eposide brp.??

    BalasHapus
  41. Berhenti sejenak terkadang memang harus, tapi jangan lengah lalu berpura-pura lelah agar tak harus mulai berjalan menapaki perjalanan yang masih panjang ya :) terima kasih sudah berbagi, topics ;)

    BalasHapus
  42. @Rohis: beneer tuh, meski kdang2 juga ada rasa khwatir tuk mencoba ^_^

    BalasHapus
  43. @Kak Anggi: iya kak anggi semoga jangan sampe lengah apalagi pura2 terlena ^_^

    BalasHapus
  44. fokus pada kemampuan. hum fokus

    BalasHapus
  45. @kak Rin Chu: kalo kak Rin Chu mah aq percaya udah mantaap lah sama kefokusannya di airin hadycraft ^_^

    BalasHapus
  46. Tok..tok..tok..
    *turut meramaikan komentar.... :D

    BalasHapus
  47. @Kak Nhis: maaf orangnya lagi keluar ^_^

    BalasHapus
  48. baru baca postingannya kakak...
    mirip yah,heehe

    BalasHapus
  49. Berhebti sejenak menahan nafsu makan untuk dapat makanan yang lebih banyak ^_^

    BalasHapus
  50. @Dik Ishma: asiik tuh, bagi2 donk ^_^

    BalasHapus

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Disqus Shortname

Comments system

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post Number

Related Post Number

About Me

Foto saya
~*~ bukan anak pesantren apalagi anak kyai, cuma orang yg pengen #KerenBinBeken Trendi nan Syar'i ~*~ One Day One Receh ^_^

FOLLOW @ INSTAGRAM

Recent

Boxed / Fluid

About Us

Random Post Number

Popular Posts

Slider Display

Random

Recent

Like Us

Flickr

Subscribe

Socialize

Followers


Recent Comments