~*~ Sebelum, Selama dan Setelah ~*~

Ramadhan telah berlalau teman, semoga kita bisa berjumpa lagi di bulan yang kita rindukan itu ditahun depan. Kalau kita cermati sekitar peralihan dari bulan sebelum, selama dan setelah Ramadhan ada beberapa perilaku manusia dalam kehidupannya yang dijalankan.

Adakalanya dia sebelum Ramadhan, selama Ramadhan maupun setelah Ramadhan tetap setia dalam kemaksiatan, saat Ramadhan dan diluar Ramadhan ga ada bedanya. Ada juga yang sebelum Ramadhan dia gemar bermaksiat namun ketika Ramadhan dia berubah menjadi taat, sayang setelah Ramadhan ia kembali dalam kemaksiatannya. Namun adakalanya seorang Muslim tetap taat baik, selama dan setelah Ramadhan ia tetap istiqomah dalam ketaatan kepada Alloh Swt. 

Teringat nasihat teman, sekedar tuk pengingat diri...
Puasa yang sukses adalah puasa yang menghantarkan pelakunya menjadi hamba yang taqwa selepas Ramadhan. Dimana pertandanya adalah dia tetap melanjutkan amalan-amalan kebaikan yang dilakukannya selama bulan romadon.
sholat fardhu berjamaahnya..
sholat sunnah rawatibnya..
sholat malamnya..
tilawah serta kajian qur'annya..
sholat dhuhanya..
dzikirnya..
solawatnya..
silaturahimnya..
sodaqohnya..
senyumnya..
dia pun tetap berpuasa dari hal-hal yang dilarang oleh Alloh..

Sebelum, selama dan setelah Ramadhan, termasuk yang manakah kita?

posted under |

30 komentar:

  1. konsisten, mampu menjaga atau tidak. berdoa dan berusaha agar tetap bisa menjalankan amaliyah-amaliyah yang dijalankan di ramadhan lalu aamiin

    BalasHapus
  2. @kak rin chu: semoga kita bisa istiqomah aamiin , meski godaan hawa nafsu sering mengajak kedalam kemaksiatan dan tentu berat tuk melawannya, namun setidaknya kita mesti tetep berusaha. ^_^

    BalasHapus
  3. Hmm. slalu berusaha dan terus berusaha semoga enggak Tomat mas.. saiki tobat besok kumat hehe

    met lebaran ya.. minal aidzin wal faizin

    BalasHapus
  4. @sam lozz: iya mas jangan sampe Tomat hehe..
    maaf lahir batin juga ya ^_^

    BalasHapus
  5. Semoga kita termasuk ke dalam org2 yg istiqomah menjalankan perintah Allah SWT. Selamat Idul Fitri ya, mohon maaf lahir dan bathin.

    BalasHapus
  6. Jangan lupa puasa syawal 6 hari yang nilainya seperti puasa setahun penuh...

    Kami sekeluarga mengucapkan
    “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H”.
    Mohon maaf lahir dan bathin
    Taqabbalallahu minna waminkum

    BalasHapus
  7. @Teh santi: aamiin, maaf lahir batin juga teh ^_^
    *rabegnyamana*

    BalasHapus
  8. @om insan: wah iya ya...puasa syawal semoga

    BalasHapus
  9. Kata temenku, selain berat badan, kualitas ibadah juga dikhawatirkan selepas Ramadhan.

    Semoga tetap istiqomah di jalan Allah. :)

    BalasHapus
  10. @Kak nhis: aq turun kg tapi tambah ideal hehe..
    aamiin doanya ^_^

    BalasHapus
  11. Mas Topics, maaf baru kemari. Mohon maaf lahir dan batin bila ada salah kata dalam berkomentar dan tulisan. Semoga kita semua tidak sekedar cinta lokasi pada bulan Ramadhan, tapi menegakkan ibadah selamanya.

    BalasHapus
  12. @Bunda: maaf lahir batin bun...yg muda yg banyak salah sepertinya ^_^
    aamiin makasih doanya

    BalasHapus
  13. pertanyaan yg berat, semoga apa yang dikerjakan selama Ramadhan bisa tetap dikerjakan juga setelah Ramadhan (kebaikan-kebaikan yang dilakukan) tetap terjaga dan terus mengingat dan dekat kepadaNYA.

    maaf lahir bathin yaah :)

    BalasHapus
  14. @Kak diah: maaf lahir batin juga,
    aamiin atas doanya, semoga kita semakin mempererat hubungan kita dg Rabb kita aamiin

    BalasHapus
  15. masyaAllah..
    semoga tetp istiqomah dan kita bisa demikian semua umat muslim aamiin.. meski kenyataannya kita selalu dikejutkan diluaran sana byk yg tidak bisa konssten

    BalasHapus
  16. @Kak Annur: memang tidak mudah tuk konsisten, namun setidaknya kita perlu mencoba ^_^
    aamiin makasih doanya

    BalasHapus
  17. Semoga semangat ibadah di ramadhan kemarin trus membekas di bulan2 selanjutnya :)

    BalasHapus
  18. tetap ibadah mas, meski disana sini saya melakukan dosa. tetapi saya tho punya semangat besar untuk kearah yang lebih taat.

    BalasHapus
  19. @mas Budi: aamiin, semoga mas pun demikian ^_^

    BalasHapus
  20. @Mas Awal: mantaap mas, tidak semua orang punya semangat besar tuk kerah yg lebih baik (y)

    BalasHapus
  21. Semoga amal ibadah selama Ramadhan kemarin dapat berlanjut setelahnya juga. Amiennnn

    BalasHapus
  22. @Mas Yanuar: aamiin, demikian juga mas yanuar. ^_^

    BalasHapus
  23. Lama rasanya tdk belajar di rumah ini...

    Menjadi hamba yang taqwa, aamiin... nasehat bijak dari yang bijak. Smga kita sampai pd tujuan shaum ramadhan ini.

    wah, meski mgkn tlt utk mngucapkan ini: Taqabbalallahu minna waminkum, shiyamana wa shiyamakum... minal aidin wal faidzin, mhn maaf lahir-batin ya... :)

    BalasHapus
  24. aku suka pas puasa yang suksesnya mas :) itu dapet banget. emang harus gitu ya mungkin bukan kaya rutin tiap tahun, jalanin kewajiban, harus ada yang di petik, mengerti, menjalankan dan untungnya ada yg ngingetin di blog ini, thanks!

    BalasHapus
  25. @Kak melisa: semoga sukses ^_^

    BalasHapus
  26. @Kak liyan: wah seneng bangets dikunjungi kakak.. maaf lahir batin juga ya ^_^

    BalasHapus
  27. masih suasana lebaran khan,
    jadi nggak apa2 kan kalo aku mohon dimaaafkan lahir batin kalau aku ada salah dan khilaf selama ini,
    back to zero again...sambil lirik kiri kanan nyari ketupat....salam :-)

    BalasHapus
  28. @Pak Hari: udah dua kali nih maaf2an
    sini pak adanya siomay ketupatnya udah habis ^_^

    BalasHapus
  29. karena sebenarnya bulan ramadhan adalah sarana untuk berlatih guna mengarungi sebelas bulan lainnya dengan tetap suci dan terus menerus sesuci seperti bulan ramadhan...

    BalasHapus
  30. @mas rico: mantaap mas ^_^

    BalasHapus

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Disqus Shortname

Comments system

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post Number

Related Post Number

About Me

Foto saya
~*~ bukan anak pesantren apalagi anak kyai, cuma orang yg pengen #KerenBinBeken Trendi nan Syar'i ~*~ One Day One Receh ^_^

FOLLOW @ INSTAGRAM

Recent

Boxed / Fluid

About Us

Random Post Number

Popular Posts

Slider Display

Random

Recent

Like Us

Flickr

Subscribe

Socialize

Followers


Recent Comments