~*~ Sekali Serasa Dua Kali ~*~

Jika anda membuat seseorang bahagia hari ini, anda juga membuat dia berbahagia sepuluh atau dua puluh tahun lagi saat ia mengenang peristiwa itu.

Suatu ketika aku pernah baca kalimat diatas dimana satu kebaikan yang kita lakukan meski sekali itu bisa dirasakan sampai dua kali yakni saat "kebahagiaan" itu kita berikan dan ketika mereka yang mendapat "kebahagian" itu mengenangnya. Indah ya jika kita bisa berbagi satu sama lain, saling tolong menolong, nasihat menasihati. Kalau aku cermati kalimat di atas itu tentu ada pihak yang "membuat" dan ada pihak yang "dibuat"  tentu sangat bahagia sekali menjadi pihak yang "dibuat" karena mendapatkan sesuatu yang menyebabkan dirinya bahagia atas sesuatu yang telah diberikan oleh pihak yang "membuat" hingga akhirnya selang beberapa tahun kemudian akan menjadi sesuatu yang indah tuk dikenang.

Namun dalam hikmatku pihak yang "membuat" itulah yang sejatinya lebih bahagia, sulit emang diungkapkan dengan kata-kata karena itu "kehidupan" hati, jiwalah yang merasakan. Biasanya ekspresi dari bahasa tubuh dari pihak yang "dibuat" itu ceria, senang, tertawa meski kadang-kadang terharu karena telah dibuat bahagia. Kalau pihak yang membuat bahagia biasanya jarang banget diekspresikan dengan cara yang ceria, tertawa namun lebih cenderung cukup tersenyum dan bersyukur dalam hati. Hati oh hati..emang berbicara hati itu sulit ditebak hanya diri kita dan Sang Maha Kuasa sajalah yang tau, ikhlas itulah kuncinya ketika kita suatu saat menjadi pihak yang "membuat".
 
Dan akupun takut jangan-jangan di luar sepengetahuanku beberapa tahun lagi ada orang yang sedih mengingat kelakuanku yang membuatnya menangis, kecewa karena sikap negatifku. Kembali lagi ikhlaslah kuncinya tuk memperbaiki tali silaturahmi, ikhlas dalam meminta maaf dan ikhlas dalam memaafkan.
ingin sekali ku menjadi orang yang ikhlas.....

Komentar

  1. suami saya selalu bilang : pokoknya kita harus selalu berbuat baik pada orang, karena InsyaAllah kebaikan kita itu nanti utk anak2 kita (kebaikan = kebhagiaan kan? #maksa#)hehehe...

    BalasHapus
  2. jangan sedih... show must go on :)

    salam kenal yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiyaap :)
      Salaam kenal juga

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer