~*~ Pabrik (Kehidupan) ~*~


Weekend Sabtu ini ga' seperti biasanya, hari ini aku diajak sama pamanku menemui temannya ke suatu tempat dimana bungkus plastik, makanan, minuman dll dibuat, tempat apa itu? ya benar pabrik! pabrik plastik tepatnya. pemandangan yang tak biasa ku lihat selama ini, ya karena memang aku tidak pernah masuk dalam pabrik (pernah sich satu dua kali) padahal teman-temanku banyak juga yang kerja di pabrik hehe..

Lantas ada apa disana? ku lihat disetiap sudut pabrik ada saja orang yang beraktivitas mulai mengoperasikan komputer, mencetak plastik ada juga yang sebenarnya tidak ada hubungannya secara langsung dalam proses produksi yakni tukang kebun.



Aku jadi berfikir mungkin inilah “sketsa” kehidupan, ibarat sebuah pabrik kehidupanpun sama masing-masing punya peran, layaknya di “kehidupan pabrik” ketika seseorang tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik maka akan mengganggu jalannya proses produksi. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama yang baik antar karyawan. Yups..begitupun dalam kehidupan hendaknya perlu adanya "kerjasama" dalam hidup ini, alangkah indahnya jika kita mampu menjalankan peran kita masing-masing dengan baik (semoga kita bisa) minimal kita ada usaha untuk menjadi baik atau paling tidak apa yang kita lakukan jangan sampai mengganggu kenyamanan orang lain, apalagi menghalang halangi orang lain tuk berlaku baik, sehingga proses kehidupan itu menjadi mulia dihadapan-Nya.

“Manusia wajib mengetahui kebaikan dan melaksanakannya, siapa saja yang mengumpulkan keduanya maka dia telah memiliki dua kemuliaan sekaligus. Siapa saja yang mengetahui kebaikan namun dia tidak melaksanakannya maka dia baik dalam pengetahuan tapi buruk dalam perbuatan. Orang semacam ini telah mencampurkan antara amal sholih dan keburukan, meski dia lebih baik daripada orang yang tidak tahu dan tidak melakukan kebaikan. Tapi dia masih mending ketimbang orang yang melarang orang lain mempelajari kebaikan dan menghalang-halanginya." (ibn hazm, al Akhlaq wa as-siyar, Juz I )

Ya Rab alangkah indahnya jika hamba-hamba-Mu ini mampu menjalankan peran yang baik dalam kehidupan yang fana ini, kehidupan yang sesungguhnya hanya persinggahan sementara, mungkin teman-teman sudah sering mendengar “hiduplah secara seimbang antara kehidupan dunia dan akhirat” selain itu akupun pernah dapat nasehat dan nasihat ini sepertinya juga nyaman ketika ku resapi “Dunia itu hanya sebagai alat untuk mencapai tujuan kehidupan akhirat”.

Yups.. yang namanya alat itu di tangan bukan di hati sedangkan tujuan itu berada dalam benak hati kita sesuatu yang kita inginkan. Untuk mencapai tujuan yang kita inginkan maka kita berusaha menggunakan alat itu sebaik mungkin hingga selaras dengan apa yang kita inginkan dan hasilnya memuaskan. Teman-teman semoga kita bisa memanfaatkan “alat” ini untuk menggapai Ridho ilahi Rabbi, gimana caranya? Gunakanlah “alat” itu sesuai manual book nya dari sang pencipta alat itu. Yakni aturan yang bersumber dari sang Pencipta sekaligus Pemelihara Dialah Alloh swt.

Semoga Alloh merahmati kita dan memudahkan segala urusan kita aamiin....

posted under |

9 komentar:

  1. Wah dari pabrik pun bisa dapat nasihat, nice :)

    Kapan ya sy bisa liat2 isi pabrik juga, pabrik macam unilever atau brand2 terkenal....keren pasti >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan ya sy bisa liat2 pantai losari #KerenBinBeken pasti :) *siapa tau aja ada inspirasi hehe

      Hapus
    2. Hari ini bisa kok mas topek liad pantai losari, sok tanya sama paman gugel :P

      Hapus
  2. loh foto2nya yang lain mana? pasti ketahuan motret disita kameranya :-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. ga enak lah mas, foto2 kaya tempat wisata aja

      Hapus
    2. ya tergantung caranya ta ;)

      Hapus
  3. Inilah Sang Ulil Albab, ... yang senantiasa mampu membaca ayat-ayat Allah, ... dan menjadikannya sebagai bahan perenungan untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Dan menjadikannya sebagai bahan taushiah ... bagi sesama, ... termasuk Om, ... Siip Mas Topek. Sayang sekali di dekat Om nggak ada Pabrik. Adanya lokalisasi, yg katanya mau ditutup, tapi msh saja buka sampai sekarang, he he he. Kali aja Mas Topek bisa terinspirasi ... dg ayat Allah yg ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lokalisasi itu sidikit BANYAK tergantung pemimpin suatu wilayah om, jika pemimpin itu mau tutup ya tutup.. namun ternyata ??? ya biasalah mungkin ada tarik ulur kepentingan #sorisoktau om hehe

      Hapus

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Disqus Shortname

Comments system

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post Number

Related Post Number

About Me

Foto saya
~*~ bukan anak pesantren apalagi anak kyai, cuma orang yg pengen #KerenBinBeken Trendi nan Syar'i ~*~ One Day One Receh ^_^

FOLLOW @ INSTAGRAM

Recent

Boxed / Fluid

About Us

Random Post Number

Popular Posts

Slider Display

Random

Recent

Like Us

Flickr

Subscribe

Socialize

Followers


Recent Comments