~*~ One Day One Receh ~*~

Alhamdulillah kurang lebih setahun ini aku mencoba membikin #HabitsHebat meskipun kelihatan "sepele" namun bagiku itu suatu lompatan yang cukup bagus daripada kondisi sebelumnya yang seakan-akan berlalu begitu saja, #HabitsHebat yang ku maksutkan yaitu mengubah kebiasaan tiap pagi yang seakan seperti hembusan angin yang berlalu begitu saja menjadi pagi yang insyaAlloh ada maknanya meskipun hanya aktivitas sederhana saja, apa itu? yups sehabis shubuh ku tatap sebuah "kotak" yang ada di meja kamar, lalu ku datangi dan memegangnya sambil ku baca Basmalah serta berdoa ya Alloh terimalah infakku ^_^

Teman hal ini mulai ku biasakan kurang lebih satu tahun ini, padahal "dasar" dari aku melakukan itu sebenarnya udah ku ketahui beberapa tahun sebelumnya namun baru tergerak untuk mencoba melakukannya secara rutin, satu tahun belakangan ini (jadi malu...), apa dasarnya? dasarnya ku ketahui ketika kubaca-baca artikel tentang sedekah dan kebetulan waktu kajian shubuh ada yang membahas hal yang sama yakni tuturan dari suri tauladan kita Nabi Muhammad saw.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alahi wa sallam bersabda: “Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua (2) malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” (HR Bukhary)

Sungguh kalau doa itu senjata utama dan kita sangat senang sekali ketika kita didoakan manusia apalagi ini kita di doakan Malaikat tentu sangat jauh lebih senang, dari situ aku terinspirasi tiap pagi ku sediakan sebuah kotak untuk aku "tabung" uang "recehan" disitu dengan harapan meraih ridho Alloh swt dan di doakan malaikat-Nya, nah dari uang itu biasanya aku bawa seminggu sekali tiap sholat jumat dan aku masukan ke kotak amal Masjid, meski tiap paginya baru dikumpulan di rumah belum sampai diinfakan semoga dengan kita niatkan kalau uang itu tuk kita infakkan sudah tercatat sebagai amal kebajikan, jadi aku berusaha jangan sampai uang yang ada di "tabungan" itu diambil lagi sebelum diinfakkan, "One Day One Receh" ^_^

Hikmah lainnya adalah membentuk #HabitsHebat kita, membiasakan rutinitas yang baik meski sedikit, bukankah Alloh juga menyukai amal yang sedikit tapi kontinu daripada amal banyak namun hanya sesekali, misal sholat malam 2 rakaat tiap hari daripada solat malam sampai 8 rakaat namun sebulan sekali, namun orang yang sholat malam 8 rakaat sebulan sekali tentu lebih baik daripada yang hanya setahun sekali ^_^

Dari ’Aisyah radhiyallahu ’anha bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.
(HR. Muslim)

Teman jika kita bisa beramal sedikit namun rutin insyaAlloh hal itu bisa tuk melawan ketika rasa malas itu hadir, sehingga rasa semangat untuk beramal akan selalu ada karena sudah terbiasa. Teman bukan berarti aku menganjurkan amal yang sedikit lho.. logikanya harusnya gini, kalau amal sedikit namun rutin itu disukai Alloh apalagi kalau banyak dan rutin tentu akan lebih disukai.

#sebagai pengingat diri sendiri
~*~ yang selalu menunggu nasihatmu wahai temanku ~*~

posted under |

16 komentar:

  1. Nice habit pak le, patut ditiru..
    Judulnya sih "receh" padahal yg dimasukin tiap hari lembaran 50rb-an ya? hebat :D

    BalasHapus
  2. terimakasih...goodhabits harus dipelihara terus..
    " terus menerus walau sedikit "#istiqomah

    BalasHapus
  3. makasih kak rahma... insyaAlloh

    BalasHapus
  4. Subhanallah, semoga terus istiqomah yah dengan #HabitsHebat nya.

    tahun lalu juga saya ngumpulin receh yg kemudian dari recehan tersebut saya belikan buku :D

    BalasHapus
  5. @kak diah: aamiin, kalo buku pakai anggaran lain ^_^

    BalasHapus
  6. alhamdulillah,,, baca tulisn ini malah mengajak saya untuk berbuat yang sama, hehehe.. makasih ya mas..

    BalasHapus
  7. @sabda awal: hehe... sama2 mas, ini artikel udah cukup lama ^_^

    BalasHapus
  8. Ini keren dan saya pun teringat guru tahsin saya bilang bahwa sedekahlah di awal waktu, di saat awal kita memulai aktifitas. Kalau ustadz saya biasanya pas jamaah subuh memasukan infaq di kotak amal. Wah cara ini perlu saya tiru nih sob. Makasih ya :)

    BalasHapus
  9. @kang haris: siiip lah ^_^

    BalasHapus
  10. Yup, Ishma juga perlahan-lahan belajar menambah tingkatan ibadah yang sudah rutin dilakukan, seperti Duha..

    BalasHapus
  11. @kak ishman: wah kereeeen ajarin donk ^_^

    BalasHapus
  12. Wah keren bin beken lak an? Ak jg prnah mas, jd tiap hari masukin uang ke botol niatnya ntar kasih ke adik pas akhir bulan tapi malah tak gawe dewe. Wkwk *sediiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. oyi tok wez...
      lah yo opo lho.. malah di gawe dewe. mesakno adike to..

      Hapus
  13. Wah keren bin beken lak an? Ak jg prnah mas, jd tiap hari masukin uang ke botol niatnya ntar kasih ke adik pas akhir bulan tapi malah tak gawe dewe. Wkwk *sediiih

    BalasHapus

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Disqus Shortname

Comments system

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post Number

Related Post Number

About Me

Foto saya
~*~ bukan anak pesantren apalagi anak kyai, cuma orang yg pengen #KerenBinBeken Trendi nan Syar'i ~*~ One Day One Receh ^_^

FOLLOW @ INSTAGRAM

Recent

Boxed / Fluid

About Us

Random Post Number

Popular Posts

Slider Display

Random

Recent

Like Us

Flickr

Subscribe

Socialize

Followers


Recent Comments