~*~ Kehidupan ~*~



...ketika kita melangkah setapak demi setapak di muka Bumi ini, seiring waktu berjalan dalam mengarungi samudra kehidupan, sekecil apapun itu tentulah menjadi bagian dari elemen-elemen gelombang kehidupan ini.
kita tidak dapat lepas sendiri dalam arena panggung kehidupan ini, hidup selalu berkaitan antara satu dengan yang lain...mustahil orang bisa hidup sendiri tanpa ada peran serta dari panggung kehidupan orang lain..
alangkah elegannya ketika kita sama-sama belajar saling menghargai peran kita masing-masing dalam menjadi "pemain" dalam arena kehidupan ini, serta saling mengingatkan ketika terjadi kekhilafan yang dilakukan saudaranya, hendaknya pula dalam "bermainpun" kita selalu berusaha sesuai dengan aturan yang diberikan oleh pemilik "permaianan' ini.


Rasululloh saw bersabda:  
"Jangan kamu saling dengki dan iri dan jangan pula mengungkit keburukan orang lain. Jangan saling benci dan jangan saling bermusuhan serta jangan saling menawar lebih tinggi atas penawaran yang lain. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara muslim lainnya dengan tidak menzhaliminya, tidak mengecewakannya, tidak membohonginya dan tidak merendahkannya. Letak takwa ada di sini (Nabi Saw menunjuk ke dada beliau sampai diulang tiga kali). Seorang patut dinilai buruk bila merendahkan saudaranya yang muslim. Seorang muslim haram menumpahkan darah, merampas harta, dan menodai kehormatan muslim lainnya." (HR. Muslim)

posted under |

3 komentar:

  1. kalimat yang "jangan saling menawar lebih tinggi atas penawaran yang lain." itu maksudnya larangan lelang apa gmn mas topek ??

    BalasHapus
  2. yang sy pahami bukan demikian, lelang hukumnya boleh,karena ada dalil yg membolehkannya bahkan nabipun pernah melakukan lelang ;
    "Anas bin Malik RA meriwayatkan bahwa ada seorang lelaki Anshar yang datang menemui Nabi SAW dan dia meminta sesuatu kepada Nabi SAW. Nabi SAW bertanya kepadanya,”Apakah di rumahmu tidak ada sesuatu?” Lelaki itu menjawab,”Ada. Dua potong kain, yang satu dikenakan dan yang lain untuk alas duduk, serta cangkir untuk meminum air.” Nabi SAW berkata,”Kalau begitu, bawalah kedua barang itu kepadaku.” Lelaki itu datang membawanya. Nabi SAW bertanya,”Siapa yang mau membeli barang ini?” Salah seorang sahabat beliau menjawab,”Saya mau membelinya dengan harga satu dirham.” Nabi SAW bertanya lagi,”Ada yang mau membelinya dengan harga lebih mahal?” Nabi SAW menawarkannya hingga dua atau tiga kali. Tiba-tiba salah seorang sahabat beliau berkata,”Aku mau membelinya dengan harga dua dirham.” Maka Nabi SAW memberikan dua barang itu kepadanya dan beliau mengambil uang dua dirham itu dan memberikanya kepada lelaki Anshar tersebut… (HR Ahmad, Abu Dawud, an-Nasa`i, dan at-Tirmidzi)
    nah..yang sy pahami tidak boleh "menawar lebih tinggi" ketika itu dah terjadi transaksi sah.
    Ibnu Hajar rahimahullah berkata, ”Menjual di atas jualan orang lain, begitu pula membeli di atas belian orang lain, hukumnya haram. Bentuknya adalah seperti seseorang membeli suatu barang dari pembeli pertema dan masih pada masa khiyar, lalu penjual kedua mengatakan, “Batalkan saja transaksimu tadi, ini saya jual dengan harga lebih murah.” Atau bentuknya adalah seorang pembeli mengatakan pada penjual, “Batalkan saja transaksimu dengan pembeli pertama tadi, saya bisa beli lebih dari yang ia tawarkan. Jual beli semacam ini haram dan disepakati oleh para ulama” (Fathul Bari, 4: 353).
    ada juga keterangan dari Imam Nawawi rahimahullah, “Melakukan saum (penawaran) di atas saum (penawaan) saudaranya, bentuknya adalah penjual dan pembeli telah sepakat dan sudah penjual sudah mau menjual barangnya, namun belum terjadi akad, KEMUDIAN DATANGLAH pembeli lainnya (bukan layaknya lelang yg sudah ada beberapa calon pembeli) dengan berkata, “Saya beli barang itu yah.” An Nawawi mengatakan bahwa tindakan seperti ini haram karena sudah ditetapkan harga saat itu. Adapun penawaran terhadap barang yang telah dijual dengan SISTEM LELANG, maka itu TIDAKLAH HARAM” (Syarh An Nawawi ‘ala Muslim, 10: 158).
    WaAllohu 'alam :D

    BalasHapus

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Disqus Shortname

Comments system

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post Number

Related Post Number

About Me

Foto saya
~*~ bukan anak pesantren apalagi anak kyai, cuma orang yg pengen #KerenBinBeken Trendi nan Syar'i ~*~ One Day One Receh ^_^

FOLLOW @ INSTAGRAM

Recent

Boxed / Fluid

About Us

Random Post Number

Popular Posts

Slider Display

Random

Recent

Like Us

Flickr

Subscribe

Socialize

Followers


Recent Comments