~*~ Sampul ~*~

Banyak orang yang menilai seseorang berdasarkan tingkah lakunya apakah mereka bertingkah laku sewajarnya manusia dengan tata krama akhlaq yang masih diembannya ataukah justru bertingkah laku dengan seenak perutnya alias semaunya.

Tak sedikit juga yang menilai seseorang dari penampilannya. Bagi ku itu wajar-wajar saja meski juga ada yang mengatakan jangan hanya melihat buku dari sampulnya tapi lihatlah isinya. Itu juga benar. Namun yang perlu diperhatikan disini orang pada pandangan pertama tentu akan melihat adab dari orang yang ditemuinya dari sikap dan penampilannya bukan dari apa yang ada di dalam isi kepalanya. Begitupun buku cover yang menarik dengan design yang bagus tentu merupakan nilai tersendiri dari sebuah buku meski kita tentu tidak melupakan isi dari buku yang itu sendiri namun kesan yang saat melihat sampul dari buku itu sendiri bisa memberikan kesan tertentu pada orang yang melihatnya.

posted under | 34 Comments

~*~ Jalan ~*~

Ketika kita hendak menuju suatu tempat tertentu yang sudah jelas arahnya, sudah jelas jalurnya tinggal lurus ke depan kitapun akan dengan mantap menatapnya.

Jalan lurus yang akan kita lalui inilah jalan kita. In syaa Alloh jalan lurus inilah yang akan mengantarkan kita akan kebahagiaan.

posted under | 65 Comments

~*~ Cermin Hati ~*~

Sudah cukup banyak buku-buku yang menganggur tak beraturan di ruangan 2,5 meter x 3 meter ini, bahkan ada yang masih terbungkus plastik padahal belinya sudah beberapa bulan yang lalu. Supaya tidak menganggur ku coba ambil satu buku dan mencoba membacanya.
Mata ini tertuju pada sebuah tulisan dari buku ringkasan Ihya' 'Ulumuddin Imam Ghazali pada pembahasan tentang hati, yang kurang lebih seperti apa yang akan kupapar kan di bawah ini sebagai renungan kita bersama.

posted under | 55 Comments

~*~ Tanda Seru ~*~

Aneh memang tapi itulah yang ku rasakan. Coretan kali ini hanya ingin menyampaikan gaya penulisan aja dan sebatas penilaian personal atas apa yang aku rasa.

Entah kapan rasa ini mulai ada namun yang pasti rasa ini bukan "gawan bayi" alias sejak lahir sudah ada. Rasa ini sepertinya muncul baru ada setelah aku beranjak dewasa semakin banyak bertemu orang semakin banyak pula ketemu sifat dan tingkah laku manusia.

posted under | 61 Comments

~*~ Malu ~*~

Ada satu rasa dalam hidup ini yang bernama malu. Namun malu itu tumbuh dengan beberapa macam alasan yang melatar belakanginya. Ada malu yang kerena kurang percaya diri, ada yang kerena merasa lemah diri dibanding dengan yang lainnya, ada juga yang malu dikarenakan canggung karena belum begitu kenal dengan orang lain.

posted under | 59 Comments

~*~ Kunci ~*~

Biasanya kita mendengar ungkapan mimpi adalah kunci untuk meraih keberhasilan, seperti halnya yang didendangkan group band nidji dalam soundtrack film laskar pelangi. Ada juga yang mengatakan sabar dan syukur itulah kunci dalam menjalani kehidupan.

posted under | 54 Comments

~*~ Suka Duka & Tangis ~*~

Merupakan hal yang wajar jika hidup ini penuh warna. Ada suka, duka dan tangis yang menghiasi diantaranya. Namun jika kita renungkan lebih dalam tentu ada makna yang menyertai warna kehidupan yang saat ini kita sedang menjalaninya.

posted under | 64 Comments

~*~ Nasihat Teman (Bersyukur lah) ~*~

Berawal dari status BeBeEm dari teman yang menulis "its so hard..  no air no air"  yang membuat diri ini penasaran apa maksud dari kalimat yang dituliskan. 


posted under | 24 Comments

~*~ Eling ~*~

ojo dumeh wis dadi wong duwur | banjur lali karo sing ning Duwur #eling
ojo dumeh wis dadi wong sing misuwur | banjur lali karo sing Kuoso Ngatur #eling
Urip mung sepisan | podo nuturi supoyo iso sing temenan #eling
yen nuruti kahanan | ojo lali aturane sang "Pangeran" #eling

posted under | 64 Comments

~*~ Kalau ~*~

Sebelumnya ku belajar dari Dan kini ku coba belajar dari kalau

Kalau dengan bertegur sapa mampu mempererat saudara kenapa malah suka memalingkan muka
Kalau dengan kata-kata yang baik kita punya teman banyak lantas kenapa memilih setia kepada kata-kata yang tak bijak
Kalau bisa bertutur kata dengan sopan kenapa harus memilih bahasa yang arogan
Kalau bisa menghormati yang lebih tua, tentu juga mestinya bisa menyayangi yang lebih muda

posted under | 54 Comments

~*~ Dan ~*~

Dan disaat kita ingin menangis, menangislah tidak semua orang bisa dengan mudah menangis. Bukan, bukan cengeng yang dirasakan namun ada kekuatan yang tersembunyi dalam buliran air mata. Tangis menandakan akan kehidupan yang masih bersemayam dalam hati kita.

Dan disaat kita ingin diam membisu tak jadi masalah jika itu bisa melegakanmu. Bukan, bukan pendiam melainkan agar hati lebih sedikit tenang. Hati juga perlu dilatih agar tak terbiasa keras dalam kehidupan.

posted under | 49 Comments

~*~ Layang Layang ~*~

Ku ingin lepas, terbang bebas................

Itu bagian dari kisah layang-layang yang pernah aku dengar, layang-layang itu ingin terbang tinggi ke awan terbebas lepas dari benang yang mengekangnya, kemudian dia mencoba menggesek-gesekan benang yang memeganginya ke benang layang-layang lain dan akhirnya keinginannya pun terpenuhi, ia terbang bebas kemanapun angin membawanya tanpa bisa dikontrol lagi oleh benang yang biasa menemaninya dikala terbang di awan, namun tanpa disadarinya ternyata lama kelamaan ia akhirnya jatuh tersangkut ke ranting pepohonan dan akhirnya jatuh ke semak belukar bahkan comberan.

posted under | 78 Comments

~*~ Masuk Neraka Siapa Takut #Lega ~*~


Ada suatu kisah dalam episode kehidupan yang tertulis dalam coretan hidup ini yang bisa kita jadikan pijakan agar langkah kita kedepan menjadi lebih baik lagi. Suatu peristiwa dimana kita bisa belajar darinya jika itu baik maka lanjutkanlah namun jika itu buruk maka tinggalkanlah jadikan itu sebagai pelajaran agar hal yang sama tidak terulang kembali. 

posted under | 67 Comments

~*~ Kertas ~*~

Kertas itu berwarna putih bersih saat belum mengenal selain dirinya seakan-akan hamparan kosong yang luas dan tanpa makna apa-apa. Kertas itu akan menjadi lembaran yang enak dibaca ketika kalimat-kalimat yang di dalamnya menceritakan sesuatu yang indah sehingga orang yang membacanya pun akan tersenyum atau menangis bahagia serta akan menyimpannya. Namun kertas juga bisa menjadi lembaran yang dapat membuat orang yang membacanya menjadi miris atapun menangis sedih dengan penuh rasa sesal karena di dalamnya menceritakan sesuatu yang buruk. Kalau sudah seperti itu akankah kertas itu dibuang ke tempat sampah?

Anggap saja hidup ini layaknya kertas dalam mengukir tinta kehidupan, "kalimat" mana yang akan kita pilih? kalimat yang akan membuat kita bahagia ataukah kalimat yang justru mengantarkan kita akan kenistaan yang hina? Life is Choice" hidup itu pilihan, mau jadi yang istimewa atau hanya biasa-biasa saja? tentu kita menginginkan yang istimewa bukan?

Tentu tuk menjadi yang istimewa itu memang perlu proses dan marilah kita bersama-sama belajar tuk menjadi yang istimewa. Tidak perlu kita membayangkan istimewa itu langsung menjadi orang yang punya banyak harta, jabatan yang tinggi, sukses dalam karir, tentu dalam hal ini adalah kesuksesan yang mengantarkan pada keberkahan bukan pada kemurkaan, memang itu boleh menjadi target namun hendaknya kita juga perlu mengasahnya mulai dari bawah. Nah inilah yang justru menurutku penting tuk dilatih. 

posted under | 74 Comments

~*~ A Be Ge ~*~

ABG Sejak jamannya Angkatan Babe Gue dengan Roma irama dan Aninya lalu jaman Aku Baru Gede dengan Sheila on Seven dan Sephianya sampe sekarang eranya Alay Bin Galau dengan Cenat Cenut Smash nya, emang kehidupan remaja penuh dengan cerita.

posted under | 48 Comments

~*~ Kanan Apa Kiri ~*~

Mungkin saat di filmkan di sebelah telinga kiri ku ada makhluk hitam atau merah dengan memakai tanduk seraya membisikan agar aku tidak usah menyapa lagi, tidak usah berkunjung kerumahnya lagi, ngapain dia dikunjungi ketemu kamu saja dia tidak menyapa, kamu sapa juga terkesan cuek. Sementara di sisi telinga sebelah kanan ada makhluk putih yang berbisik tegur sapalah dia, kunjungi dia jangan sampai kamu putus ukhuwah dengannya bisa jadi apa yang terjadi kemarin hanya sekedar kesalahpahaman saja atau bahkan sifat suudzonmu yang mengira dia berlaku cuek kepadamu.

posted under | 48 Comments

~*~ Sapu ~*~

Lusuh itu yang terlihat pada dirinya, kotor itu yang tidak jauh dari padanya. Ketika ga dibutuhkan dia ditaruh di tempat belakang dan biasanya di pojokan pula. Ketika dibutuhkan dia pun terpanggil tuk melaksanakan tugas yang ada, membersihkan setiap kotoran yang berserakan hingga suatu tempat akan nyaman dipandang. Siapa dia? Sapu itu jawabannya.

Sapu saat tak dibutuhkan kau akan dilupakan namun saat diperlukan hampir semua orang membutuhkan. Sapu oh sapu betapa malang nasibmu.

posted under | 50 Comments

~*~ Seiring Waktu Berjalan ~*~

Seiring waktu berjalan, entah jarum jam itu sudah berapa kali putaran
Seiring waktu berjalan, kumispun bermunculan
Seiring waktu berjalan, jenggotpun berdatangan
Seiring waktu berjalan, suka duka pun pernah terasakan

posted under | 54 Comments

~*~ Ruwet ~*~

Tak dipungkiri lagi arus kepadatan di perkotaan kian terasa dengan sumpeknya namun itulah realitas yang memang terjadi di sekitar kita. Hal itu tentu berbanding lurus dengan semakin banyaknya kendaraan yang berlalu-lalang di jalanan.

Tingginya pengguna jalan tentu sudah identik dengan kemacetan, apalagi jalan yang tersedia dirasa kurang dalam memenuhi arus kepadatan kendaraan yang melewatinya. Apalagi kalau di jalan itu tidak ada rambu-rambu yang mengaturnya bisa dibayangkan mesti ruwet bin amburadul.

posted under | 53 Comments

~*~ Sandaran ~*~

Menjadi hal yang wajar dalam kehidupan tuk saling tolong menolong satu dengan yang lain. Sering juga manusia dikatakan sebagai makhluk sosial dikarenakan kita tidak dapat hidup sendiri sehingga butuh peran serta orang lain.

Tentu dalam hal ini adalah tolong menolong dalam hal kebaikan seperti termaktub dalam penggalan Al Quran surat Al Maa'idah ayat 2

".........Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya."

posted under | 54 Comments

~*~ Pabrik ~*~

Pernah suatu saat aku diajak saudaraku menemui temannya ke suatu tempat dimana bungkus plastik makanan, minuman dll dibuat, tempat apa itu? ya benar pabrik, pabrik plastik tepatnya. Pemandangan yang tak biasa ku lihat selama ini, ya karena memang aku sebelumnya tidak pernah masuk dalam pabrik, pernah sich satu dua kali saja.

Lantas ada apa disana? ku lihat disetiap sudut pabrik ada saja orang yang beraktivitas mulai mengoperasikan komputer, mencetak plastik ada juga yang sebenarnya tidak ada hubungannya secara langsung dalam proses produksi yaitu tukang kebun.

posted under | 50 Comments

~*~ Bangkrut ~*~

Bangkrut merupakan kata yang tentunya berkonotasi negatif. Bangkrut kata yang menunjukkan keadaan dimana seseorang telah rugi serugi-ruginya. Bangkrut sebuah kata yang bisa jadi ditakuti oleh semua orang saat ini.

Bangkrut aku juga termasuk orang yang takut tuk menerimanya. Kalau kita memahami istilah bangkrut dengan pengertian bahwa kita tidak memiliki harta apa-apa mungkin diakibatkan karena kerugian dari usaha kita tentulah wajar sekali, kenapa? Karena paling tidak para sahabat Rasulpun ketika ditanya mengenai pengertian bangkrut juga menyatakan hal demikian bahwa orang yang bangkrut itu orang yang tidak mempunyai dirham dan harta benda. Namun ternyata? Bukan itu jawaban yang diinginkan Rasul.

posted under | 60 Comments

~*~ Berkat & Berkah ~*~

Tidak sekedar "Berkat" yang mereka inginkan
Tapi juga Berkah yang ingin mereka dapatkan
Bukan cuma Materi yang mereka cari
Tapi lebih dari itu yakni Ridho Ilahi Rabbi


Dalam dunia dagang atau jual beli hal ini juga bisa mengantarkan seseorang menuju Surga yang penuh kenikmatan atau justru menuju neraka yang penuh kesengsaraan.

posted under | 71 Comments

~*~ Cinta dan Benci ~*~

Bukan, bukan musuh yang aku cari tapi temanlah yang ku cari. Tidak aku tidak ingin membuat orang marah, aku ingin membuat orang lain tersenyum. Kalaupun ada tangis ku harap itu bukan tangis karena kecewa melainkan tangis bahagia.

Kalau difikir-fikir ada benarnya juga, betapa susah mencari teman satu dan begitu mudah mencari musuh seribu. Bagaimana tidak, kita memerlukan waktu yang cukup lama dalam menentukan apakah orang lain itu layak kita jadikan teman apa tidak, tentu tidak sekedar teman yang hanya kenal nama saja melainkan teman yang bisa saling memberikan kebaikan diantara kita.

posted under | 69 Comments

~*~ Teliti ~*~

Wajar jika penelitian itu ternyata dihargai dengan nilai yang begitu besar. Bagaimana tidak, penelitian membutuhkan ilmu dan konsentrasi yang begitu luar biasa sehingga menghasilkan suatu penemuan yang bermanfaat bagi manusia.

Teliti, hikmatku itulah yang membuat penelitian itu akhirnya dihargai dengan nilai yang tinggi. Tanpa ke-teliti-an yang tinggi aku rasa penelitian itu tidak akan berhasil.

posted under | 63 Comments

~*~ Keinginan ~*~

Ketika aku melihat berita pagi di tengah pemberitaan hiruk pikuk perpolitikan, kriminalisasi ada berita yang bikin sejuk hati ini. Berita akan keberangkatan jamaah haji dari dalam negeri.

Seorang nenek yang setiap harinya mencari nafkah dengan menjadi pemulung di Probolinggo alhamdulillah akhirnya tahun ini keinginannya yang sudah lama sekali yakni naik Haji akhirnya terkabulkan setelah beliau menabung selama 20 tahun. Beliau bahkan pernah tertipu 10 juta di tahun sebelumnya dari semacam agen haji yang katanya menyanggupi supaya beliau bisa berangkat haji lebih cepat (kok yo tego-tegone nipu ngono lho).

posted under | 46 Comments

~*~ Berhenti Sejenak ~*~

Aku teringat film kartun Kungfu Boy dengan lakon utamanya yang bernama Chinmi. Suatu ketika dia diminta gurunya tuk melompati sungai dari tepi satu ke tepi yang lain dan dengan entengnya dia mampu melewatinya. Setelah itu diapun diajak pergi ke seuatu tempat oleh gurunya dan diminta oleh sang guru untuk melompat melewati persis apa yang dilakukannya ketika melewati sungai tadi, namun kali ini Chinmi tidak diminta tuk melompat melewati sungai namun tebing yang curam menuju tebing di sebelahnya dengan jarak lebar yang sama dengan sungai tadi, apa yang terjadi?
 
Ketika dia berlari ingin melompati tebing itu tiba-tiba dia berhenti takut tuk melompat melewati tebing itu. Dia berfikir apakah sanggup, jangan-jangan kalau tidak sanggup dia akan jatuh ke jurang dan tentunya sangat bahaya sekali untuk keselematan jiwanya.

posted under | 56 Comments

~*~ Charge ~*~

Sekarang ini banyak sekali gadget yang canggih-canggih misalnya smartphone yang banyak aplikasinya, keren bin beken deh pokoknya, tapi ketika baterainya habis maka semua itu tidak akan bisa digunakan. Bagi penggemar gadget baik itu smartphone, tablet, laptop tentu saja pernah mengalami hal yang demikian, kalau baterai habis maka perlu di charge ulang.

Begitupun manusia meski ia pandai bin pintar bin cerdas namun ketika semangad dalam dirinya hilang semua itu tidak akan terasa dan berguna karena energi positifnya telah habis.

posted under | 50 Comments

~*~ Dua Kata ~*~

Ada kata-kata yang digunakan seseorang kepada orang lain tuk mengungkapkan yang dirasakannya. Jika ia merasa bersalah maka kata maaflah yang terucap darinya sedang jika ia merasa terbantu terima kasihlah yang terucap darinya.

Pada kondisi tertentu kata "maaf dan terima kasih" ini terkadang sulit tuk diucapkan, baik tuk meminta maaf maupun tuk memberi maaf sedang ucapan terima kasih ada juga orang yang merasa gengsi tuk mengatakannya.

posted under | 44 Comments

~*~ Jendela ~*~

Sepi, pengap yang dirasa hingga membuat suasanapun tak nyaman. Semua fasilitas di dalam ruanganpun ada namun kenapa ruangannya tidak nyaman? ya aku tahu belum ada jendela.

Jendela disitulah tempat sirkulasi udara segar akan keluar masuk. Meski kecil berasal dari situ yang mebuat suasana berbeda dengan yang sebelumnya.

posted under | 50 Comments

~*~ Nasihat Teman -Bila- (9) ~*~

Bila kita tak mampu memberi setidaknya janganlah mengambil
Bila kita mengasihi terlalu sulit setidaknya jangalah membeci
Bila kita tidak bisa menghibur maka jangalah membuatnya sedih
Bila kita tidak mungkin meringankan beban orang lain setidaknya jangan memberatkannya
Bila kita tidak bisa memuji maka jangalah menghujat
Bila kita tak dapat menghargai setidaknya janganlah menghina
dan Bila tidak suka bersahabat setidaknya janganlah cari musuh

posted under | 44 Comments

~*~ Ikhlas (tidak) Ikhlas ~*~

Suatu keadaan akan bisa menjadi kebiasaan dalam hati dan bahkan perilaku jika sudah menjadi opini umum yang di masyarakat lalu kita mengambilnya tanpa terlebih dahulu memaknainya.

Pernahkah kita temui keadaan dimana jika ada orang yang bersedakah katakanlah dalam pembangunan Masjid, disitu tertera nama orang dan ada juga yang tertera hamba Alloh. Apa yang terbesit di benak kita? Apakah kita akan mengatakan bahwa orang yang bersedekah dengan disebut namanya itu tidak ikhlas? bersikap riya' ingin dipuji orang lain? bisa jadi meskipun kecil ada rasa terbesit mengatakan iya, namun bersyukurlah bagi teman-teman yang tidak ada rasa terbesit "menuduh" orang tersebut tidak ikhlas.

posted under | 54 Comments

~*~ iri ~*~

Aku iri melihat meraka yang mudah menangis karena Iman
Aku iri mendengar kisah-kisah semangatnya meski mereka dengan susah payah menempuh perjalanan tuk raih ilmu yang diinginkan
Aku iri dengan mereka yang menafkahkan hartanya tanpa pikir panjang
Aku iri....

posted under | 32 Comments

~*~ Cerita tak Tercerita ~*~

Cerita yang tak tercerita, sejatinya itu masih bagian dalam suatu cerita. Memang tak ada penampakkannya namun bisa jadi itulah inti dari suatu kisah akan suatu peristiwa.

Terkadang yang mengejutkan itu merupakan sesuatu yang mampu bersembunyi dalam terangnya Dunia. Tak banyak orang yang tau akan itu semua, bahkan bisa jadi dirinya sendiripun tak mengetahuinya.
 

posted under | 37 Comments

~*~ Ternyata ~*~

Ternyata aku bukanlah Superman
Ternyata aku bukanlah batman
apalagi wonderwoman, lebih-lebih catwoman

Ternyata aku manusia biasa
Ternyata aku juga bisa capek dan lupa
Ternyata aku tidak bisa menjadi yang sempurna

posted under | 22 Comments

~*~ Sepele ~*~

Terkadang orang memiliki suatu keahlian disuatu bidang dibanding dengan orang yang lainnya. Bisa jadi ia tahu akan suatu karya namun disisi lain dia tidak tahu sama sekali atas suatu peristiwa. Perjalanan hidup memang penuh makna jika kita bisa mengambil pelajaran dari waktu demi waktu kita menjalaninya.

Seorang dokter yang sangat pandai akan ilmu kesehatan, dimana tuk meraih gelarnya butuh biaya yang tinggi dan sangat dihormati orang belum tentu dia tau bagaimana caranya menghidupkan kendaraan yang mogok. Namun ketika kendaraan yang mogok itu cukup "dipegang" hanya dengan satu sentuhan seorang montir kendaraan itupun bisa jalan. Bagi montir itu hal Sepele.

posted under | 52 Comments

~*~ Sebelum, Selama dan Setelah ~*~

Ramadhan telah berlalau teman, semoga kita bisa berjumpa lagi di bulan yang kita rindukan itu ditahun depan. Kalau kita cermati sekitar peralihan dari bulan sebelum, selama dan setelah Ramadhan ada beberapa perilaku manusia dalam kehidupannya yang dijalankan.

posted under | 30 Comments

~*~ Palsu ~*~

Cerita di balik cerita, apakah juga termasuk cerita? ini realita atau hanya sandiwara?

Kehidupan palsu yang akan senantiasa dijalani? Fatamorgana kenikmatan yang dirasa memang terlihat mengasikkan bahkan bisa juga melenakan. Lihat bagaimana orang yang merasa enjoy ketika ia teler karena minuman keras, sakau karena putau keluar masuk diskotik yang mungkin itungan jutaan bisa habis hanya 1 malam. Palsu.

Hanya ingin dibilang modis beli ini itu biar sok artis supaya lebih terlihat exis, padahal semua itu bermodalkan utang yang semakin hari catatannya bikin ngeri abis, ih sadis. Palsu.

posted under | 42 Comments

~*~ Boleh Jadi ~*~

Boleh jadi dia bukan pembohong
Boleh jadi dia bukan pencuri
Boleh jadi dia bukan perampok
Boleh jadi dia bukan penzina
Boleh jadi dia bukan koruptor
Boleh jadi dia bukan pemfitnah
Boleh jadi dia bukan pembunuh

Boleh jadi dia seorang yang penyabar
Boleh jadi dia seorang yang penyantun
Boleh jadi dia seorang yang ramah
Boleh jadi dia seorang yang rendah hati
Boleh jadi dia seorang yang dermawan
Boleh jadi dia seorang yang suka menolong

Namun.....

posted under | 49 Comments

~*~ Biarkan ~*~

Pernahkah suatu saat kita berjumpa dengan orang yang lagi naik darah marah-marah menjadi-jadi? apa yang kita lakukan apabila kitalah yang menjadi objek atas kemarahan orang tersebut? Terlepas apakah itu kesalahan pahaman atau memang kesalahan kita, kita hendaknya mesti mampu tuk bersikap lebih bijak dalam menghadapinya.

Dulu ketika masih jamannya pakaian putih abu-abu aku juga pernah merasakan bagaimana rasanya mudah marah, mudah tersinggung langsung seketika itu kepala jadi pusing ingin meluap-luap menimpakan kekesalan kepada orang yang ingin ku marahi semua itu ternyata kalau difikir-fikir tujuannya satu yaitu membuat perasaan menjadi lega, tidak lebih dari itu. Alhamdulillah seiring berjalannya waktu sikap demikian muali terkikis sedikit demi sedikit.

posted under | 34 Comments

~*~ Ojo Dumeh ~*~

ojo dumeh wis dadi wong gede | banjur lelakon sakarepe dewe #eling
ojo dumeh wis duwe kepinteran | banjur nyepeleke leliyan #eling
ojo dumeh wis duwe kuoso | banjur lali karo sing maha Kuoso #eling
ojo dumeh wis dadi pejabat | banjur lali karo rakyat #eling

posted under | 38 Comments

~*~ Pertanyaan Itu ~*~

Ramadhan, apa yang kita ingat sekarang dengan bulan ramadhan sebelum-sebelumya? Benakku melayang pada bulan Ramadhan sekitar 8 tahun yang lalu, diawal-awal ku memasuki yang namanya bangku kuliah. Ramadhan yang seakan-akan membuatku terlahir kembali di Dunia ini dan tak akan kulupakan akan kejadian di sore bulan Ramadhan kala itu.

Kejadian yang membuat hati ini begitu gemetaran, mungkin terasa telalu lebai bagi sebagian orang namun kejadian itu sungguh membuat aku sampai takut tidur. Sore itu di Masjid kampus seperti biasa aku dan teman-teman mengikuti kajian sore menjelang buka puasa aku duduk di barisan depan kala itu, di tengah materi disampaikan tiba-tiba pemateri itu bertanya kepadaku," Mas (sambil melihatku) yakinkah anda masih bisa hidup nanti jam 9 malam?" aku hanya bisa tertegun sambil sedikit tersenyum meresapi pertanyaan itu, pertanyaan yang tidak pernah terbayangkan sedikitpun dalam benakku.

posted under | 34 Comments

~*~ Teman ~*~

Dulu aku punya pendapat bahwa yang membuat baik buruk seseorang itu mutlak dirinya sendiri, namun lambat laun pendapatku itu sepertinya tidaklah tepat meski memang diri kita sendiri yang akan mengambil suatu keputusan namun faktor external lah yang sebenarnya amat sangat mempengaruhi akan dibawa kemana diri ini.

Kita hidup di Dunia bukan di suatu negeri dongeng yang bisa kita rekayasa seenaknya. Di Dunia tidak semuanya akan sesuai dengan keinginan kita. Ada peran baik serta ada peran buruk yang kita jumpa, tinggal kita pilih yang mana. Ada panutan baik serta ada panutan buruk yang sering kita melihatnya, itu yang akan terekam dalam memori dan bisa jadi kita akan mencontohnya.

posted under | 30 Comments

~*~ Kapan Niat Puasa Ramadhan ~*~

Di Bulan Ramadhan ini sudah banyak teman-teman yang menulis tentang penyambutan bulan Ramadhan, ada yang tentang rasa kangen akan bulan Ramadhan dan ada juga tentang keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan. Semoga aktivitas teman-teman yang menulis artikel berkaitan dengan bulan Ramadhan dicatat sebagai amal shaleh oleh Alloh swt.

Berkaitan dengan bulan Ramadhan juga beberapa tahun silam pernah aku bimbang terkait niat berpuasa di bulan Ramadhan, apakah harus tiap hari ataukah boleh menjamak beberapa hari atau bahkan cukup sekali niat untuk satu bulan. Alhamdulillah akhirnya aku mendapati suatu pendapat yang hingga kini aku mengikutinya.

posted under | 24 Comments

~*~ Letakkan Tepat ~*~

Ketika seseorang mampu menempatkan sesuatu yang tepat pada tempatnya, maka sejatinya dia punya bekal tuk menjalani kehidupannya
 
"Buanglah sampah pada tempatnya", ketika membaca kalimat yang berupa anjuran seperti itu sebenarnya kalau difikir-fikir ada yang aneh. Kenapa juga ada tulisan seperti itu? Berarti ada yang ga bener, ya karena memang kebiasaan pada sebagian orang membuang sampah itu sembarangan (mungkinkah aku termasuk di dalamnya? may be yes may be no hehe..)

Kalau kita cermati perilaku seperti membuang sampah pada tempatnya atau tidak pada tempatnya maka dalam bahasa lain bisa dikatakan meletakkan sesuatu pada tempatnya atau tidak pada tempatnya. Nah dalam kehidupan inipun yang aku rasakan hampir sama seperti itu, yaitu meletakan sesuatu yang tepat pada tempatnya atau tidak.

posted under | 39 Comments

~*~ ke-Aku-an ~*~

Terkadang rasa ke-aku-an yang besar akhirnya membuat retak tali silaturahmi, baik itu keluarga maupun teman.

Sikap saling memahami itu terkadang mahal harganya apalagi saling menghargai, kalau sudah bicara yang namanya ego tak akan adalagi itu yang namanya saling memahami ataupun menghargai. Baik itu hubungan antar keluarga, orang tua dengan anak, kakak dengan adik atau dengan teman sejawat.

Rasa "aku" yang besar dan berlebihan itulah biasanya yang menyebabkan keretakan hubungan yang awalnya harmonis penuh kasih sayang akhirnya memudar bagai debu tertiup angin yang entah kemana arahnya. ketika ke-aku-an itu muncul biasanya dibarengi dengan rasa bangga terhadap dirinya, membanggakan apa yang dimilikinya.

posted under | 28 Comments

~*~ "Kejernihan Air" ~*~

Kalau ada segelas air jernih lantas terkena tinta hitam apa yang terjadi? iya air itu akan menjadi hitam (keruh), lantas bagaimanakah caranya merubah agar air itu menjadi jernih kembali?

Ibarat air itu jiwa kita, yang awalnya dari kecil (belum baligh) masih bersih seiring berjalannya waktu semakin tersadar usia bertambah kita semakin mengenal pula apa itu dunia. Dunia tempat hidup kita dunia tempat mengambil pilihan benar atau salah dan itu artinya tempat penentu kemana kelak tujuan akhirat kita.

Jiwa ini yang akan membawanya kemana arah yang kita ingini, lantas ibarat air yang jernih tadi telah ternoda dengan kotoran-kotoran sehingga membuat air menjadi keruh bagaimana cara menjernihkannya? Kalau kita buang air itu maka sudah selesai urusan alias diri menjadi kosong tak ada lagi jiwa di dalamnya jiwa itu sudah mati.

posted under | 30 Comments

~*~ Sesuatu yang Lebih ~*~

Kalau kita perhatikan dalam sambutan-sambutan acara biasanya pembawa acara akan menyapa para tokoh atau orang yang dihormati ditempat berlangsungnya acara setelah itu baru para hadirin, misal nich acara di masyarakat biasanya pembawa acara akan menyapa, yang kami hormati Bapak Camat, Bapak Kepala Desa, baru kemudian bapak-Ibu sekalian atau para hadirin sekalian. Nah kalau kita cermati dengan penggunaan bahasa sebenarnya pembawa acara bisa cukup dengan menyebut yang kami hormati para hadirin artinya kata hadirin itu sudah mewakili semua orang yang datang diacara tersebut baik itu Pak Camat, Pak Kades maupun peserta yang lain, namun kenapa ya ga' seperti itu? Karena Pak Camat, Pak Kades dianggap mempunyai sesuatu yang lebih.
 

posted under | 20 Comments

~*~ Terimakasihmu Untukku ~*~

Entah kapan ku berucap terima kasih untukmu, namun dikala kau dengan nada cukup serius berucap makasih ya udah di jenguk dan dibantu. Aku hanya bisa tertegun mengapa kalimat itu bisa muncul dan ditujukan padaku? Sungguh diri ini tidak layak menerima ucapan itu, diri ini masih jauh dari kata layak tuk diberi ucapan terima kasih.

Ibu mulai dari dalam kandungan Engkau menjagaku, hingga akhirnya dengan izin Alloh akupun terlahir di Dunia ini begitu aku lahir sedang kau merasakan sakit yang amat sangat akupun menangis dan belum bisa berucap makasih bu udah menjaga di dalam kandungan selama sembilan bulan dan melahirkanku. Kini aku udah dewasa namun aku sendiri lupa kapan aku berucap terima kasih padamu atau bahkan diri ini tidak pernah sama sekali mengucapkannya.

posted under | 24 Comments

~*~ Rasa Aneh ~*~

Ada yang aneh rasanya namun disisi lain perlu disyukuri rasa yang aneh itu, justru aneh kalo tidak merasa aneh.

Terkadang kita merasakan sesuatu dan itu dinamakan dengan sebutan aneh. Aneh dalam hikmatku merupakan suatu keadaan dimana tidak lazim dalam keumumannya atau juga sesuatu yang tidak biasa dilakukan namun itu terlakukan baik itu sengaja maupun tidak.

Dan suatu saat aku pernah mengalami perasaan aneh yang terjadi karena suatu keaadaan yang biasa atau mulai aku biasakan tuk kulakukan namun saat itu aku tidak melakukannya. Perasaan itu tiba-tiba muncul di dalam sanubari ini, perasaan yang "aneh". Namun di sisi lain aku berfikir aku mesti bersyukur punya perasaan "aneh" itu karena yang pertama, perasaan "aneh" itu muncul dengan sendirinya sebagai akibat dari suatau keadaan yang aku mencoba tuk membiasakannya namun hal itu suatu saat aku tidak melakukannya, artinya perasaan "aneh" itu bukan instan dan sengaja bisa ku buat sendiri sewaktu-waktu. Kedua perasaan "aneh" itu ternyata bisa berfungsi sebagai pengontrol dalam kehidupan kita, ketika rasa itu muncul maka tidak secara langsung menandakan bahwa kita masih sadar ada kesalahan yang telah terlakukan dan akan memperbaikinya ke depan.

posted under | 20 Comments

~*~ Langkah Menuju Kebahagiaan ~*~

Tentu kita semua paham kalau mau naik tangga yang paling tinggi mesti melewati anak tangga yang paling rendah dulu, ataupun kalau kita mau menempuh jarak 10 kilometer kita tentu perlu melewati jarak 1 meter dahulu. Itulah yang harus kita lakukan ketika kita hendak menuju cita-cita yang kita inginkan, kita mesti melewati tahapan demi tahapan yang akan mengantarkan kita akan suatu tujuan yang diinginkan.

Dalam hikmatku dalam kehidupanpun demikian ketika kita menginginkan mencapai derajat kehidupan yang lebih baik, dan bagiku kehidupan lebih baik itu adalah perubahan dari tidak bahagia menjadi bahagia dan menjadi lebih bahagia, maka tuk menuju kehidupan bahagia tentunya ada langkah-langkah yang mestinya kita lakukan tuk meraih kebahagiaan.

posted under | 18 Comments

~*~ Berhasil dan (atau) Sukses ? ~*~

Terkadang dalam hidup ini ada saja yang kita rasakan, baik itu senang, susah, bahagia, sedih ada ekspresi tertawa dan juga ekspresi menangis. Dalam hidup ini ada juga yang ingin merengkuh keberhasilan dan juga kesuksesan. Ingin meraih cita-citanya, impiannya yang sudah didamba-dambakan bahkan waktu kecil. Misal waktu kecil kita sering ditanya besok gede mau jadi apa? (kaya lagunya susan, susan, susan besok gede mau jadi apa? hehe..)

Kitapun ketika jaman SD menjawab pertanyaan seperti di atas dengan jawaban mau jadi dokter, insinyur, polisi, tentara biasanyakan ga jauh-jauh dari itu. Adapun ketika sudah beranjak remaja atau bisa dikatakan seumuran SMA ataupun ketika duduk dibangku kuliah biasanya jawaban itu akan semakin banyak variasinya ada yang ingin jadi teknisi, akuntan, programer, pengusaha kelas nasional bahkan internasional dan sebagainya.

Nah yang aku sebutkan tadi itu sebenarnya contoh macam-macam profesi yang ingin kita menjadi bagian di dalamnya. Lantas seandainya apa-apa yang kita inginkan itu bisa tercapai dimana posisi berhasil ataupun sukses itu kita raih? bagiku tuk mendefinisikan berhasilnya sesorang ataupun suksesnya seseorang itu yang masih sulit tuk dijelaskan, inilah yang menjadi pikiran dalam benakku. Kalau menurut teman berhasil atapun sukses itu apa sih? 

posted under | 15 Comments

~*~ Masa Lalu ~*~

Dulu...
Masa lalu itu ada yang bilang indah tuk dikenang, namun ada yang bilang juga udahlah lupakan saja. Terserah mau pilih yang mana.

Kita tentu punya masa lalu masing-masing, yang sekarang lagi duduk di bangku SMA tentu punya masa lalu di waktu SD ataupun SMP, juga yang sekarang lagi berjibaku di bangku kuliah juga punya masa lalu masing-masing, termasuk yang sudah berkeluarga tentunya. Terkadang kita membayangkan seandainya masa lalu bisa terulang kembali sungguh indah ya, itu bagi yang merasa masa lalunya indah tapi kalau ada yang merasa masa lalunya suram biasanya lebih condong udahlah lupakan saja, biarlah masa lalu berlalu terbawa sang waktu yang tidak mungkin akan kembali lagi.

Masa lalu merupakan penggalan kisah disuatu paragraf yang telah kita tulis di atas kertas kehidupan. 

posted under | 20 Comments

~*~ Keep Calm ~*~

Aneh nian kejadian itu ya...
Kebanyakan orang kalau seperti itu mungkin marah bangeets, tapi kenapa aku datar-datar aja ya. Pengen sih teriak, menggertak tapi kok ga keluar. Aku sendiri heran...

Di sisi lain aku bersyukur bisa mengontrol ataukah emang aku yang ga berani ya hehe..ketika suatu kondisi dimana memungkinkan aku seharusnya bisa marah kepada seseorang dengan alasan yang tepat. Namun itu kenapa ga bisa keluar.

Dua kali aku mengalami kondisi yang tidak mengenakan di suatu tempat yang bernama "jalan". Kejadian pertama ketika ku mau pulang ke rumah sore hari dan memang sudah masuk wilayah jalanan komplek rumah ada ABG maen-maen pakai sepada motor tiba-tiba muncul di depanku karena tertutup mobil yang parkir dipinggir jalan dengan cara berlawanan arah, langsung deh rem puuuool depan belakang persis ban depan motor di depan motor ABG itu. Lantas apa yang terjadi? hanya menghelas nafas panjang-panjang dan membuangnya pelan-pelan dan berhenti sejenak beberapa detik tuk menenangkan hati. Pengen sih marah saat itu tapi ga bisa keluar dan ABG itupun minta maaf dan kusambut dengan bel tanda maafnya kuterima. Sampai rumah cerita malah sodara yang sebel, kenapa ga aku marahin aja ABG itu hehe...

posted under | 26 Comments

~*~ Nasihat Teman -Dari- (8) ~*~

Pagi tadi kuterima untaian pesan dari teman, yang sungguh sayang jika tak kubagikan,

Dari Pertemuan Kita Belajar Kerinduan
Dari Perkenalan Kita Belajar Arti Persahabatan
Dari Kebersamaan Kita Belajar Arti Kesetiaan
Dari Rasa Sayang Kita Belajar Arti Perhatian
Dari Rasa Cinta Kita Belajar Arti Kebahagiaan
Dari Rasa Benci Kita Belajar Arti Memaafkan
Dari Rasa Kecewa Kita Belajar Arti Penyesalan
dan Dari Luka Kita Belajar Arti Senyuman
karena Hidup ini adalah Belajar dan Terus Belajar

posted under | 25 Comments

~*~ Adakalanya ~*~

Adakala lapar adakalanya kenyang, adakala kepanasan adakalanya kedinginan, adakala penuh dengan keramaian adakalanya juga sendiri kesepian..
Kehidupan itu sepertinya memang seperti itu ya hehe..namun adakalanya juga terkadang kita itu merasakan sesuatu yang kontradiktif dari kenyataan yang ada, pernah ga teman merasakan, misal nih ditengah keramaian namun merasakan kesepian atau bahkan justru sebaliknya ditengah kesepian udah merasakan cukup dengan kesepiannya itu merasakan keramaian.

Memang sih menurutku ada sesuatu yang biasanya secara kasat mata dari sudut pandang orang melihat secara umum berbeda dengan yang apa kita rasakan, misal adakalanya tangis dalam tawa pun sebaliknya tawa dalam tangis, layaknya sepi dalam keramaian maupun sebaliknya ramai dalam kesepian. Kenapa kok seperti itu ya? kalau hikmatku sih sepertinya ada faktor "x" yang menyebabkan demikian. Misal dalam tawa kita ada tangis karena kita terlalu terharu atas sesuatu yang membuat kita takjub ataupun sangat gembira sehingga tawapun ga mampu tuk menerimanya dan akhirnya tangis kebahagiaanpun menjadi solusinya. Demikian pula bisa jadi ketika kita menangis karena sesuatu maka kitapun akan mencoba tuk tetap tersenyum sebagai penghiburnya.

posted under | 15 Comments

~*~ Bermanfaat tapi Jangan Manfaat ~*~

"Kalau baik sama orang, nanti juga orang baik dengan kita" atau "Berbaiklah dengan orang agar orang lain juga berbuat baik kepadamu".

Teman pernah dengar atau bahkan berucap seperti itu? kalau pernah menurut teman ada yang aneh ga? memang sih terkesan tidak ada yang aneh dan itu sesuatu yang wajar-wajar saja sepertinya. Kita sebagai manusia memang berusaha menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama, saling tolong menolong ketika membutuhkan. Bahkan ”Rasulullah saw bersabda:
"Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

Lantas kenapa sih?

posted under | 18 Comments

~*~ Kertas ~*~

Kertas itu berwarna putih bersih saat belum mengenal selain dirinya seakan-akan hamparan kosong yang luas dan tanpa makna apa-apa. Kertas itu akan menjadi lembaran yang enak dibaca ketika kalimat-kalimat yang di dalamnya menceritakan sesuatu yang indah sehingga orang yang membacanyapun akan tersenyum atau menangis bahagia serta akan menyimpannya. Namun kertas juga bisa menjadi lembaran yang dapat membuat orang yang membacanya menjadi miris atapun menangis sedih dengan penuh rasa sesal karena yang di dalamnya menceritakan sesuatu yang buruk. Kalau sudah seperti itu akankah kertas itu dibuang ke tempat sampah?

Anggap aja hidup ini layaknya kertas dalam mengukir tinta kehidupan, "kalimat" mana yang akan kita pilih? kalimat yang akan membuat kita bahagia ataukah kalimat yang justru mengantarkan kita akan kenistaan yang hina? Teman "life is Choice" hidup itu pilihan, mau jadi yang istimewa atau hanya biasa-biasa saja? tentu kita menginginkan yang istimewa bukan?

Teman tentu tuk menjadi yang istimewa itu memang perlu proses dan marilah kita bersama-sama belajar tuk menjadi yang istimewa. Tidak perlu kita membayangkan istimewa itu langsung menjadi orang yang punya banyak harta, jabatan yang tinggi, sukses dalam karir tentu dalam hal ini adalah kesuksesan yang mengantarkan pada keberkahan bukan pada kemurkaan, memang itu boleh menjadi target namun hendaknya kita juga perlu mengasahnya mulai dari bawah. Nah inilah yang justru menurutku penting tuk dilatih. 

posted under | 8 Comments

~*~ Pe Tiga ~*~

Ketika seseorang ingin potong rambut maka dia akan pergi ke tukang cukur rambut, kenapa dia ga pergi ke tukang kebon yang terbiasa memotong rumput ya toh juga sama-sama ahli memotong?
Ketika seseorang ingin membuat kue maka diapun akan pergi ke toko yang menjual bahan kue, kenapa dia ga pergi ke toko bangunan ya?
Dua kalimat pertanyaan diatas konyol bukan? dan bisa jadi jawabannya "kenapa harus ditanya yang sudah jelas jawabannya" hehe.. ada baiknya kita coba belajar menjawab dengan sesuatu yang lain, misal:
Pertanyaan pertama, ya jelas orang itu pergi ke tukang cukur (perilaku) karena ia paham bahwa tukang cukurlah yang bisa menata rambutnya agar lebih baik (pemahaman) dia bisa paham seperti itu karena dia berfikir tidak mungkinlah selain tukang cukur apalagi tukang kebon yang bisa menata rambutnya agar berpenampilan lebih rapi dan menarik (pemikiran).
Pertanyaan kedua, ya jelas orang itu pergi ke toko bahan kue (perilaku) karena ia faham toko bahan kuelah yang menyediakan bahan-bahan tuk membuat kue (pemahaman) dia bisa paham seperti itu karena dia berfikir tidak mungkin ada bahan kue yang dijual di toko bangunan (pemikiran).

posted under | 6 Comments

~*~ Nasihat Teman -Jika- (7) ~*~

Suatu renungan yang ku baca dipagi ini, sebuah nasihat dari sahabat yang akan ku bagi. Selamat menikmati semoga ada arti.

Jika saat ini hati kita mengeras bagai batu, semoga esok hari air mata keinsyafan mampu melembutkannya...
Jika sat ini hidup kita tak memiliki arah yang jelas, semoga esok hari mampu membuat rencana indah serta visi misi yang jelas agar diri tak terkubur dalam kegalauan yang tiada berujung dan perjalanan hidup yang sia-sia...
Apapun yang terjadi saat ini ambillah sisi baiknya, mungkin terasa amat tidak menyenangkan namun yakinkan hati bahwa ada hikmah terindah di balik setiap peristiwa. Mungkin sekarang belum memahami, tapi nanti ketika cerita hidup yang baru menemukan lembaran kisahnya ...


posted under | 16 Comments

~* Kapan Kau Terakhir Menciumnya? *~

Kapan kau terakhir menciumnya?

Minggu kemarin aku dan beberpa teman berkunjung ke suatu lingkungan pendidikan yang  berjarak sekitar 10 Km dari pusat kota kami tinggal, lingkungan yang sudah bisa dibilang daerah perbukitan, masih sejuk, adem padahal berada dikota yang cukup banyak pabriknya,  disitu ada SD, SMP, SMA dan dipakai kuliah juga. Di hari minggu itu kami menghadiri majlis ilmu yang diadakan di Masjid yang berada di ligkungan pendidikan itu.

Ternyata lingkungan pendidikan tersebut juga sebagai pondok pensantren, ketika aku tanya ke teman emang berapa murid-murid disini, kurang lebih 600 orang jawabnya. Namun bukan itu yang membuat aku takjub, sekitar 150-200 orang diantaranya merupakan anak yatim-piatu yang sekolah dan biaya hidupnya ditanggung oleh kepala yayasan lembaga pendidikan itu, subhannalloh semoga Alloh merahmati beliau dan keluarganya.

Lantas apa hubungannya dengan judul tulisan ini?

posted under | 19 Comments

~*~ Eling 2 (Terjemahan) ~*~

Jangan mentang-mentang udah jadi orang besar | lalu bertindak seenaknya sendiri #Ingat
Jangan mentang-mentang udah punya kepintaran | lalu menyepelekan orang lain #Ingat
Jangan mentang-mentang udah punya kuasa | lalu lupa dengan Yang Maha Kuasa #Ingat
Jangan mentang-mentang udah jadi pejabat | lalu lupa dengan rakyat #Ingat
Jangan mentang-mentang udah punya kekayaan | lalu melihat orang lain dengan sebelah mata #Ingat
Jangan mentang-mentang udah punya motor (mobil) dua | lalu lupa dengan tetangga #Ingat
Jangan suka bertindak jelek | hidup tidak hanya di Dunia #Ingat
Ada yang bilang di atas langit, masih ada langit. jangan mentang-mentang #Ingat
Tolong-menolong sesama manusia | mencari keberkahan Yang Maha Kuasa #Ingat
Minta maaf yang banyak | mungkin baca bahasa jawa tidak betah (nyaman) #Ingat
^_^

posted under | 0 Comments

~*~ Eling (Terjemahan) ~*~


Jangan mentang-mentang udah jadi orang atas | lalu lupa dengan yang "Di Atas" #Ingat
Jangan mentang-mentang udah jadi orang yang terkenal | lalu lupa dengan Yang Kuasa Mengatur #Ingat
Hidup hanya sekali | sama-sama menasihati supaya bisa jadi yang beneran #Ingat
Kalau menuruti keinginan | jangan lupa aturan sang "Pangeran" (Tuhan) #ingat
Menghormati kepada manusia yang lain | belajar bersama beribadah kepada yang Maha Kuasa #Ingat
Jangan mentang-mentang mampu beli apa-apa yang diingini | lalu menghina orang lain #ingat
Ada yang bilang, nilainya raga dari busana | nilainya hati dari mulut (omongan) #Ingat
Belajar kepada orang yang pintar | jangan yang tidak karuan
^_^

posted under | 0 Comments

~*~ Aku Takut ~*~

Aku takut, sungguh aku takut pada diriku ada yg terbang bagaikan debu-debu yg berhamburan terbawa angin yg dicampakan dan justru menggangu orang-orang yg ada di sekitarnya.

Terkadang diri ini bingung atas apa yang dirasakan dalam hati, lagi-lagi hati apa ini termasuk yang sering orang katakan, "berhati-hatilah bermain dengan hati" ah aku sendiri ga tau. Namun sungguh aku takut jika sesuatu yang aku harapkan itu lenyap begitu saja, hanya karena ativitas noda-noda hitam dalam hati.

Rasa ingin dipuji, rasa ingin dihormati, rasa ingin dikatakan orang yang ngerti terkadang masih terlintas dalam benak ini. ya Rabbi tolonglah hamba-MU ini dari segala penyakit hati semisal, riya', iri, dengki sungguh aku takut dengan semua ini. Aku teringat dengan bab-bab awal dimana aku mulai diajak tuk belajar lebih mengenal Islam, yakni bab ahsanul amal disitu dikatakan bahwa amal seseorang itu harus Benar dan Ikhlas ga' bisa hanya salah satu dari keduanya.

posted under | 10 Comments

~*~ Nasihat Teman -YukBerubah- (6) ~*~

Terlalu berharga untuk disimpan sendiri, pagi tadi ada untain kata yang mengajak diri ini tuk berubah ke arah yang lebih baik masuk ke dalam pesan ponsel, berikut untaiannya: 
Dalam hal kebaikan, Islam memang begitu indah menggambarkannya, simak saja sabda Rasululloh saw berikut ini;
"Setiap kebaikan adalah shadaqah. Dan termasuk kebaikan adalah jika engkau bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri-seri; dan jika engkau menuangkan air dari ember timbamu pada bejana saudaramu." (HR. Ahmad dan at-Tirmidzi)

Tidak ada yang sia-sia setiap sikap kita dalam hal kebaikan, pasti berbalas kebaikan pula. Meski hanya sekedar memberi senyum itu sudah sebuah kebaikan, membantu meringankan beban saudara (menuangkan air ke bejana) itupun kebaikan. Subhannalloh, bila hal yang mungkin kita anggap sepele berbuah kebaikan, apalah lagi yang kita beri lebih dari itu. Bila sekedar menuangkan air ke bejana saudara itu kebaikan, tentu jauh lebih banyak kebaikan yang didapat ketika kita membantu meringankan beban hidupnya, membantu saudara tuk meraih impian-impiannya, menunjuki mereka jalan menuju kemulian tentu hal ini jauh lebih besar kebaikan yang kita dapatkan.

posted under | 16 Comments

~*~ Dari Hati ~*~

Dari hati...
 
Sesuatu yang keluar dari emosi maka biasanya orang yang menerimapun bisa jadi terpancing emosi. Ketika yang keluar berasa hampa maka orang yang menerimapun akan merasa hampa apa yang diterimanya. Misal jika guru mengajari muridnya itu dengan asal-asalan yang penting tugasnya mengajar, kewajibannya sebagai guru untuk memenuhi jam mengajar selesai maka dugaan kuatku tentu keadaan ini terasa hampa.

posted under | 6 Comments

~*~ Siaran Radio (1) ~*~

Kamis malam Jumat kemarin diminta tuk ngebantu jadi penyiar di radio dalam acara Spirit of Islam dengan tema "Islam the Way of Life" dalam acara itu pemateri menyampaikan bahwa Islam tidak hanya mengatur tentang ibadah saja namun juga tatanan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Islam mencakup tiga aspek kehidupan yaitu yang pertama mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri atau yang disebut dengan akhlak (jujur, amanah, ramah dll) yang kedua Islam mengatur hubungan manusia dengan Rabb-nya yakni bagaimana tata cara beribadah kepada Alloh sebagaimana dicontohkan oleh Rasululloh (seperti Sholat, Puasa, Haji dll) dan yang ketiga Islam juga mengatur hubungan manusia yang satu dengan manusia lain hal ini meliputi tatanan kehidupan bermasyarakat, berekonomi juga bernegara dimana itu semua diatur berdasarkan syariat-Nya tidak ketinggalan hubungan interkasi antara pria dan wanita.

Pemateri juga menyampaikan bagaimana hubungan antara pria dan wanita dimana kondisi sekarang sungguh amat sangat mengkhawatirkan, pergaulan yang sangat bebas tentu hal ini sangat mengerikan bagi para orang tua terutama yang punya anak perempuan. Lha kenapa kok perempuan? karena dari pergaulan itu tentu yang banyak dirugikan adalah dari pihak perempuan, apalagi jika sampai terjadi perzinahan yang mengakibatkan hamil diluar nikah. =_='

posted under | 2 Comments

~*~ Satu Keadaan Dua Perasaan ~*~

Di tengah keramian kota-kota besar di Indonesia biasanya tidak terlepas dari masalah klasik yakni macet dan tak terkecuali kota metropolitan Jakarta! sebagai ibu kota negara Indonesia. Kemacetan inilah yang selalu jadi permasalahan ditengah-tengah roda kehidupan Ibu kota sampai-sampai PT Jasa Marga menggelar lomba ide untuk mengatasi masalah kemacetan di jalan tol. Tidak tanggung-tanggung, operator jalan tol pelat merah ini menyiapkan hadiah Rp 100 juta bagi pemenangnya, silahkan googling aja terkait hal itu.

Macet oh macet bagi pengguna jalan hal itu tentu amat sangat menjengkelkan bin menyebalkan karena mengganggu jalannya aktivitas kehidupan, namun bagi sebagian orang macet merupakan "anugrah" tersendiri, siapa mereka? mereka adalah para penjual makanan kecil dan minuman ringan. Suatu ketika aku berada di antara ratusan kendaraan yang terjebak macet dipadatnya jalanan Ibu kota, ku melihat bagaimana mereka (para penjual) rela berpanas-panasan untuk menawarkan dagangannya apalagi jika saat transaksi jual beli bersamaan dengan kondisi dimana mobil-mobil harus berjalan maka merekapun rela berlari mengimbangi jalannya kendaraan di samping jendela sambil melihat ke arah dalam mobil tuk menyelesaikan transaksi dagangannya.

posted under | 2 Comments

~*~ Sekali Serasa Dua Kali ~*~

Jika anda membuat seseorang bahagia hari ini, anda juga membuat dia berbahagia sepuluh atau dua puluh tahun lagi saat ia mengenang peristiwa itu.

Suatu ketika aku pernah baca kalimat diatas dimana satu kebaikan yang kita lakukan meski sekali itu bisa dirasakan sampai dua kali yakni saat "kebahagiaan" itu kita berikan dan ketika mereka yang mendapat "kebahagian" itu mengenangnya. Indah ya jika kita bisa berbagi satu sama lain, saling tolong menolong, nasihat menasihati. Kalau aku cermati kalimat di atas itu tentu ada pihak yang "membuat" dan ada pihak yang "dibuat"  tentu sangat bahagia sekali menjadi pihak yang "dibuat" karena mendapatkan sesuatu yang menyebabkan dirinya bahagia atas sesuatu yang telah diberikan oleh pihak yang "membuat" hingga akhirnya selang beberapa tahun kemudian akan menjadi sesuatu yang indah tuk dikenang.

posted under | 4 Comments

~*~ Nasihat Teman -Bahagia- (5) ~*~

Bahagia bukan berarti memiliki semua yang kita cintai (ingini) namun bahagia itu mencintai semua yang kita miliki.

Teman pernah membaca atau mendengar kalimat diatas? Kalimat itu beberapa saat yang lalu menghiasi satu diantara beberapa nasihat yang aku terima dari temanku. Nasihat ini begitu sederhana namun penuh dengan makna, terkadang emang kita terutama diriku membayangkan seandainya aku punya ini pasti akukan senang, seandainya aku memiliki ini pasti akukan bahagia, seandainya dan seandainya hingga tak terasa kita seolah-olah atau bahkan bener-bener tidak mensyukuri nikmat yang telah kita rasakan selama ini.

posted under | 4 Comments

~*~ Salah Satu Jasa Orang Tua ~*~

Teman-teman sering kali kita ketika berbicara tentang kasih sayang ataupun pengorbanan orang tua kepada anaknya sering terkait misal bagaimana Ibu merawat kita dalam kandungan ataupun perjuangan saat melahirkan, bagaimana Ayah atau bahkan Ibu kita banting tulang sampai ibarat kaki jadi kepala, kepala jadi kaki tuk menggambarkan betapa luar biasanya pengorbanan orang tua kepada anaknya. Sampai ada lagu "bagai sang surya menyinari dunia..." mengibaratkan bahwa jasa orang tua itu ikhlas tanpa minta balasan dari anaknya.

posted under | 0 Comments

~*~ Mana yang Lebih Riil Menurut Kita? ~*~

Ketika seseorang diiming-imingi bisnis untuk menanam modalnya sekian dan kemudian hari akan memperoleh sekian lipat dari apa yang diinvestasikannya itu, pada umumnya sekarang orang akan tertarik untuk mengikutinya, apa alasannya? uang yang didapat itu riil di depan mata.

Teringat kisah dari teman bahwa suatu ketika di Desanya ada orang yang pingsan karena orang tersebut kalah dalam calonan Pemilihan Desa dan telah menghabiskan sembilan puluh juta selama masa kampanye untuk menjadi kepala Desa yang akan dijabatnya selama lima tahun itu. Temanku bercerita padahal hanya terpaut dua rumah dari rumah orang yang kalah calonan PilKaDes itu ada sebuah bangunan yang sudah depalan tahun dibangun tidak jadi-jadi, padahal biasanya jika orang membangun rumah setahun aja jadi, nah bangunan ini delapan tahun belum jadi. Akupun penasaran bangunan apa itu ya? ternyata yang dimaksut adalah Masjid.

posted under | 2 Comments

~*~ Sudut Pandang Belum Tentu Sama ~*~

Teman pernahkah kalian mengalami suatu hal dimana ucapan ataupun tindakan yang kita lakukan dan kita anggap baik, namun ternyata belum tentu baik dari sudut pandang orang lain ? Kalaulah belum pernah maka bersyukurlah, kalaupun sudah mari kita muhasabah, sebenarnya mengapa hal itu bisa terjadi. Teringat sebuah nasihat "berfikirlah dulu sebelum bertindak atau berucap" nampaknya memang sangat berarti.
 
Kalau dari sudut pandangku sebagai orang awam yang haus akan nasihat dan perhatian, hal itu terjadi akibat kurangnya komunikasi yang baik atau komunikasi yang "kurang nyambung" yang diberikan salah satu pihak kepada pihak lain, sehingga berakibat salah pengertian antara yang dimaksut pihak pemberi pesan dengan pihak yang menerima pesan.

posted under | 4 Comments

~*~ Ilmu Ketela ~*~

Ketika ku hirup udara di kota dimana aku dilahirkan kemarin, ada yang menarik ketika aku, kakaku bertemu dengan beberapa teman waktu dulu dimasa kecil, saling bercerita, tertawa mengingat masa-masa kecil dulu yang indah tuk dikenang.

Ditengah perbincangan tidak lupa juga saling bertukar informasi ataupun nasihat akan kehidupan yang sedang sama-sama dijalani ini. ada sebuah kalimat dan mungkin lebih tepatnya ku anggap sebagai nasihat yang muncul dari teman meski tidak ditujukan kepadaku namun aku juga merasakan akan nasihat itu, dia menyatakan," Hiduplah seperti "ilmu Ketela' ditaruh dimana saja (ketela) bisa hidup, apalagi jika (ketela) disirami, dirawat (tentu hasilnya lebih baik).

posted under | 6 Comments

~*~ Nasihat Teman -memiliki- (4) ~*~

Beberapa hari kemarin ada pesan masuk di ponsel ada nasihat dari temanku, sungguh bahagia ketika diri ini masih mendapatkan nasihat dari teman-teman, dia menyampaikan;

"sungguh benar bahwa kita tidak tahu apa yang kita miliki, sampai kita kehilangannya. Akan tetapi sungguh benar pula bahwa kita tidak tahu apa yang belum pernah kita miliki sampai kita memilikinya

posted under | 6 Comments

~*~ One Day One Receh ~*~

Alhamdulillah kurang lebih setahun ini aku mencoba membikin #HabitsHebat meskipun kelihatan "sepele" namun bagiku itu suatu lompatan yang cukup bagus daripada kondisi sebelumnya yang seakan-akan berlalu begitu saja, #HabitsHebat yang ku maksutkan yaitu mengubah kebiasaan tiap pagi yang seakan seperti hembusan angin yang berlalu begitu saja menjadi pagi yang insyaAlloh ada maknanya meskipun hanya aktivitas sederhana saja, apa itu? yups sehabis shubuh ku tatap sebuah "kotak" yang ada di meja kamar, lalu ku datangi dan memegangnya sambil ku baca Basmalah serta berdoa ya Alloh terimalah infakku ^_^

Teman hal ini mulai ku biasakan kurang lebih satu tahun ini, padahal "dasar" dari aku melakukan itu sebenarnya udah ku ketahui beberapa tahun sebelumnya namun baru tergerak untuk mencoba melakukannya secara rutin, satu tahun belakangan ini (jadi malu...), apa dasarnya? dasarnya ku ketahui ketika kubaca-baca artikel tentang sedekah dan kebetulan waktu kajian shubuh ada yang membahas hal yang sama yakni tuturan dari suri tauladan kita Nabi Muhammad saw.

posted under | 16 Comments

~*~ Egois ~*~

Sejenanak ku terdiam dalam keheningan keramian kota, mencoba berfikir pantaskah diri ini hanya memikirkan diri sendiri, kalau seperti itu adanya berarti aku menyandang gelar egois yang melekat dalam pundak ini. Aku hanya memikirkan tentang diriku, memikirkan tentang apa yang aku inginkan serta mengabaikan peran, perasaan orang-orang di sekitarku terlebih-lebih agamaku.

Sungguh diri ini malu, egois dalam waktu, egois dalam tenaga, egois dalam dunia, wahai diriku disaat kau diajak jalan-jalan temanmu tuk sekedar kongkow-kongkow kau mau tapi ketika diajak mendatangi "taman surga" kau mengelak dengan berbagai "jurus" ini itu, bilamana kau diajak jalan-jalan berwisata kau sumringah namun saat kau diajak tuk aktivitas dakwah kau alasan lelah, pun juga dikala kau beli ini itu kau dengan ringan membuka dompetmu tetapi dikala diajak untuk berbagi kau berat hati.

posted under | 7 Comments

~*~ Nasehat Teman -klaim- (3) ~*~

Pagi ini ada suatu nasehat dari teman dimana ketika kita benar-benar meresapi kalimatnya, sungguh malu sekali diri ini :

"Pengakuan atau klaim bahwa kita mencintai Allah itu tidak penting. Ucapan lisan tidak bermakna apa-apa jika tak disertai pembuktian. Sebab, semua orang bisa mengaku-ngaku cinta, baik ia mukmin maupun munafik. Yang lebih penting dari itu adalah apakah kita dicintai Allah atau tidak."

posted under | 5 Comments

~*~ "Pergikanlah" dijalan Alloh ~*~

Pagi ini di awali dengan awalan ke- dan akhiran -an serta di tengah-tengah di hiasi dengan kata hujan, setelah tiba di kampus dengan celana yang basah kuyub -_-' ku ambil segelas air hangat biar badan terasa sedikit nikmat setelah diguyur hujan sekitar setengah jam di tengah perjalanan yang cukup padat, lalu iseng-iseng buka fesbuk (cielaah iseng2) ku baca satu per satu status yang muncul di beranda, ada status yang gembira, penuh semangat, doa, muhasabah sampai ada yang lagi kena musibah.

Nah yang terakhir aku sebutkan itu, tapi jangan dibayangin yang sangat menakutkan ya hehe.. ku baca status sahabatku, -ternyata baru nyadar kalau di fesbuk pertanyaan kolom statusnya yang masih kosong tidak hanya "Apa yang Anda Fikirkan?" bisa berubah, "Apa Kabar?, "Bagaimana Keadaannya?" terkadang juga berubah "Apa Yang Terjadi?"- nah ternyata temanku tadi sepertinya menjawab pertanyaan yang terakhir, dia bercerita di statusnya;

"Seperangkat dompet dan isinya musnah d kota surabaya, gara2 ketinggalan d tukang taksi..."

posted under | 8 Comments

~*~ Harapan (galau) ~*~

Beberapa hari yang lalu aku pulang habis maghrib dari kampus, di tengah perjalanan di wilayah yang cukup gelap karena memang sebelah jalan itu semacam semak belukar tiba-tiba aku dikejutkan oleh motor yang ada di depanku, 2 motor itu tiba-tiba mengerem sambil "membanting" motor sedikit berbelok untuk menghindari sesuatu, ngapain orang itu tanyaku dalam benakku. nah.. beberapa detik kemudian aku pun juga mau ga mau mengikuti arus mereka menghindari sesuatu!

Kaget itu yang aku rasakan mungkin juga 2 pengendara motor di depanku, teman-teman taukah gerangan apa yang kami hindari tersebut? Batu! salah, kayu! masih salah, hewan kucing kali, juga masih salah.... betapa terkejutnya aku ketika cahaya motorku menerawainginya, apa itu? ternyata seorang ibu-ibu berjalan dengan santainya ditengah gelapnya jalan yang cukup padat dengan arah pandangan yang searah dengan arus kendaraan! seakan-akan orang itu siap jika dirinya ditabrak kendaraan dari belakang! ya Rabb apa yang sedangkan dilakukannya bukankah itu membahayakan dirinya, aku dan beberapa motor di depanku coba untuk membunyikan klason namun dia tetap saja berjalan dengan santainya, ah sudahlah... tanpa pikir panjang aku tarik lagi gas motor layaknya Jorge Lorenzo kalau lagi balapan Moto GP :-)

posted under | 9 Comments

~*~ Mengalah ~*~

Beberapa saat yang lalu ketika ikut meramaikan padatnya jalanan, ada sesuatu yang  menurutku sangat menarik sekaligus agak menyebalkan namun bisa diambil hikmahnya. Teman-teman coba bayangkan jika ada jalan raya yang tidak begitu besar membentang dari Timur-Barat dilalui dengan 2 arah yang berlawanan yang hanya dipisahkan oleh garis-garis putih yang tiap hari kepanasan dikala siang serta kedinginan dikala malam, kemudian dalam waktu yang sama ada rombongan kendaraan yang memadati jalan baik dari arah timur menuju barat maupun sebaliknya dari arah barat menuju timur.
Nah pada titik tertentu ada salah satu kendaraan yang ikut dalam barisan akan padatnya jalanan dari arah barat ingin menyeberang belok ke kanan, namun disaat yang bersamaan di titik tersebut juga banyak kendaraan yang lewat dari arah timur ke barat sementara syarat mutlak untuk bisa belok ke kanan adalah melewati arus jalur kendaraan timur-barat, lantas apa yang terjadi? Macet,itu jawababnya, ya.. kemacetan akan terjadi dari arah barat menuju ke timur karena arus kendaraan yang beriringan dari arah barat itu tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya dikarenakan adanya kendaraan yang berhenti karena mau belok ke kanan, sementara iring-iringan kendaraan dari arah timur ke barat  terus berlari sehingga tidak memungkinkan digunakan untuk menyeberang.
Sembari waktu berlari akhirnya ada seseorang dari sekian banyaknya pengguna arus jalan dari arah timur ke barat yang meluangkan beberapa detik waktunya tuk berhenti sejenak "mengalah" memberi kesempatan kepada mobil itu agar bisa menyeberang belok ke kanan. Apa yang terjadi? ya.. setelah mobil bisa menyeberang arus lalu lintaspun kembali lancar dari dua arah.

posted under | 4 Comments

~*~ Abah Penjual Siomay ~*~


Asiikk weekend...pagi ini udara terasa segar.. enak juga nich kalau buat olah raga ringan ajalah, ya.. pagi itu aku sempatkan buat joging ke arena jogging track dekat rumah seperti biasa habis lari-lari saatnya aku jalan-jalan di tempat yg sengaja di setting dengan batu-batu kecil yang berfungsi layaknya pijat refleksi sakit tapi enak juga hehe..

Oke setelah dirasa cukup jogingnya, lanjut ke agenda berikutnya tapi masih ditempat yang sama, menuju ke arah pinggir jalan tempat yg menjajakan makanan serta minuman. Seperti biasa aku menuju siomay si abah diantara penjual makanan yg lain. Sambil menikmati lezatnya siomaynya, akupun berbincang-bincang dengan abah penjual siomay tersebut tentang arus kehidupan ini mulai dari kenakalan remaja hingga yang namanya korupsi.

posted under | 12 Comments

~*~ Pabrik (Kehidupan) ~*~


Weekend Sabtu ini ga' seperti biasanya, hari ini aku diajak sama pamanku menemui temannya ke suatu tempat dimana bungkus plastik, makanan, minuman dll dibuat, tempat apa itu? ya benar pabrik! pabrik plastik tepatnya. pemandangan yang tak biasa ku lihat selama ini, ya karena memang aku tidak pernah masuk dalam pabrik (pernah sich satu dua kali) padahal teman-temanku banyak juga yang kerja di pabrik hehe..

Lantas ada apa disana? ku lihat disetiap sudut pabrik ada saja orang yang beraktivitas mulai mengoperasikan komputer, mencetak plastik ada juga yang sebenarnya tidak ada hubungannya secara langsung dalam proses produksi yakni tukang kebun.

posted under | 9 Comments

~*~ Nasehat Teman - niat - (2) ~*~

..hampir tiap pagi ku selalu mendapatkan nasehat dari teman-temanku, sungguh itu merupakan salah satu kebahagiaan yang aku rasakan, dimana kita bisa menghiasi kehidupan ini dengan saling menasehati dan nasehat pagi ini yang aku terima ;

"Apapun yang kamu lakukan pastikan niatmu untuk kebaikan, karena apapun yang dilakukan dengan niat baik, insyaaAlloh akan membuahkan hasil yang baik"

posted under | 4 Comments

~*~ Tanggal Sama, Hari Sama, Tahun Beda ~*~



Tak seperti biasanya jalanan depan kampus ramai bangetss.. apa ada demo? tapi kok rapi seperti pawai? ah ternyata tidak..lantas apa donk? dalam benakku penasaran. banyak sekali orang-orang membanjiri jalanan saat itu yang ternyata kebanyakan para siswa, pegawai dan juga para guru sepertinya, ketika kulihat di sudut pandang lain ternyata ada juga semacam iring-iringan karnaval tapi Islami... dan rasa penasaranku akhirnya terjawab ketika ku baca tulisan di spanduk yang dipegang oleh mereka "Gebyar Pawai Maulid Nabi" yang ternyata diselenggarakan oleh Walikota.

Batinku berkata,"oya inikan masih dalam bulan Rabi’ul Awal" acara itu mungkin didasari karena kecintaan mereka pada junjungan besar Nabi Muhammad SAW ya..tentang rasa cinta mereka kepada Nabinya, (maaf; terlepas dari pro kontra tentang perayaan Maulid Nabi) yups.. nabi kita Muhammad SAW dilahirkan di Makkah, bulan Rabi’ul Awal tahun Gajah, anugerah dari Alloh pun mengiri dalam proses persalinannya dimana ibunya yakni Aminah tidak merasakan sakit ketika persalinan kelahiran Muhammad. 

posted under | 2 Comments

~*~ Sembuhkanlah Guru (Temanku) ~*~

Rinai hujan menyirami Bumi di malam hari tadi, butiran-butiran air satu persatu membasahi tubuhku. ku langkahkan kaki bersama teman yang selalu menemaniku dimana aku pergi (motor maksutnya hehe). Yups semalam sehabis Maghrib, seharusnya aku dan temanku seperti biasanya mau "menimba ilmu" kepada sang guru, namun ketika ku tunggu sampai beberapa saat beliau tidak hadir juga tidak ada info lewat sms ataupun telpon, ada apa gerangan? kenapa tidak seperti biasanya...? 
Adzan isya' berkumandang saling bersautan, setapak demi setapak langkah kakiku menuju "tempat pensucian" di Mushola tuk menyucikan tubuh ini dari hadast kecil, seiring jarum jam berjalan sesaat setelah adzan isya' temanku datang lantas kita pun mendirikan sholat isya' menghadap sang ilahi.
Sehabis sholat, temanku cerita kalo guru kami lagi sakit.. lantas kamipun sepakat untuk menjenguk beliau di rumahnya bersama turunnya air dari langit dengan semakin gagahnya. Sesampai di rumah beliau terlihat pucat, beliau minta maaf karena mencoba hubungi HP ku namun gagal (mungkin lagi gangguan) namun bisa menghubungi HP temanku, beliau masih sempat menawari tuk memulai "mengalirkan air yang ada di samudra kehidupannya tuk dialirkan kepada kami" namun kami tidak tega karena dalam sela-sela percakapan terkadang beliau menahan sakit di bagian perutnya serta suara lirih karena batuknya. Kamipun hanya berbincang-bincang ringan saling menasehati, sungguh beliau orang yg sangat hanif nan bijaksana, eitss.. jangan dibayangkan guru kami orang yg sudah tua ya.. beliau masih muda seumuran dengan saya hehe..(di bawah 30 tahunlah...) namun ilmu beliau begitu luas, bahkan seorang Hafidz Quran dan istrinya pun demikian seorang Hafidzoh Quran, serasi banget ya....beliau berpesan tetap semangatlah dalam berdakwah. Semoga lekas sembuh guruku, temanku aamiin

posted under | 2 Comments

~*~ Kehidupan ~*~



...ketika kita melangkah setapak demi setapak di muka Bumi ini, seiring waktu berjalan dalam mengarungi samudra kehidupan, sekecil apapun itu tentulah menjadi bagian dari elemen-elemen gelombang kehidupan ini.
kita tidak dapat lepas sendiri dalam arena panggung kehidupan ini, hidup selalu berkaitan antara satu dengan yang lain...mustahil orang bisa hidup sendiri tanpa ada peran serta dari panggung kehidupan orang lain..
alangkah elegannya ketika kita sama-sama belajar saling menghargai peran kita masing-masing dalam menjadi "pemain" dalam arena kehidupan ini, serta saling mengingatkan ketika terjadi kekhilafan yang dilakukan saudaranya, hendaknya pula dalam "bermainpun" kita selalu berusaha sesuai dengan aturan yang diberikan oleh pemilik "permaianan' ini.

posted under | 3 Comments

~*~ DOA ~*~

~*~ Salah Satu Doa Pagi ini ~*~

Ya Alloh terimalah Taubat Kami,jadikanlah kami termasuk orang-orang yg beriman, serta beramal saleh, aamiin...

...bukankah Alloh berfirman dalam Quran Surat (terjemahan) Al Qashash;68 
"Adapun orang yang bertaubat dan beriman, serta mengerjakan amal yang saleh, semoga dia termasuk orang-orang yang beruntung" 

 
 

posted under | 3 Comments

~*~ Nasehat Teman ~*~

~*~ Nasehat dari Teman ~*~
 
.......ruangan mulai kosong meninggalkan jejak-jejak langkah yang InsyaaAlloh mendapakatkan ke-Ridhoan-Nya kepada si peninggal jejak tersebut,...
ruanganpun terasa sunyi,tinggal aku dan beberapa teman yg baru saja menghadiri "taman surga"
disela-sela percakapan terceloteh kalimat yang  begitu sederhana tapi seakan2 menusuk ke tulang rusukku, menghujam ke jantung hati ku,
dia bersyair "uang itu kalo ga tuk dakwah ya tuk makan,lha mau buat apalagi..."
subhannalloh, semoga Alloh meRahmati mu sodaraku
,

posted under | 5 Comments
Posting Lebih Baru Beranda

Disqus Shortname

Comments system

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post Number

Related Post Number

About Me

Foto saya
~*~ bukan anak pesantren apalagi anak kyai, cuma orang yg pengen #KerenBinBeken Trendi nan Syar'i ~*~ One Day One Receh ^_^

Blog Archive

FOLLOW @ INSTAGRAM

Recent

Boxed / Fluid

About Us

Random Post Number

Popular Posts

Slider Display

Random

Recent

Like Us

Flickr

Subscribe

Socialize

Followers


Recent Comments